DAMPAK PENGGUNA KOSMETIKA PEMUTIH TERHADAP KESEHATAN KULIT PADA IBU-IBU DI RW II DESA LIMPUNG KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH TAHUN 2005

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi: DAMPAK PENGGUNA KOSMETIKA PEMUTIH TERHADAP KESEHATAN KULIT PADA IBU-IBU DI RW II DESA LIMPUNG KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH TAHUN 2005

Slamet Budi Asih, 2006. Skripsi Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Berbagai macam merek kosmetika pemutih yang beredar dipasaran telah menarik minat ibu-ibu untuk menggunakannya. Mereka cenderung mencoba-coba dan berharap kulitnya menjadi putih dan cantik. Tetapi pada kenyataannya tidak semua hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan meraka. Ada kalanya kulit mereka malah menjadi rusak, bahkan seperti terbakar. Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang : “Dampak Pengguna Kosmetika Pemutih terhadap Kesehatan Kulit pada Ibu-ibu di RW II Desa Limpung Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Jawa Tengah Tahun 2005”.

Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah dampak pengguna kosmetik terhadap kesehatan kulit?, dan 2) Bagimana dampak dari penggunaan kosmetika pemutih terhadap kesehatan kulit?. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya dampak pengguna kosmetika pemutih terhadap kesehatan kulit, 2) untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari penggunaan kosmetika pemutih terhadap kesehatan kulit.
Populasi penelitian ini adalah ibu-ibu rumah tangga pengguna kosmetika pemutih di RW. II desa Limpung Kecamatan Limpung Kabupaten Batang sebanyak 59 orang yang terdiri dari 15 orang dari RT 01, 16 orang dari RT. 02, 18 orang dari RT. 03 dan 10 orang dari RT. 04. Sampel penelitian diambil secara total sampling sehingga seluruh populasi sebanyak 59 orang dijadikan sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian ini adalah penggunaan kosmetika pemutih dan kesehatan kulit. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode observasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskrpitif persentase dan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kosmetika pemutih oleh ibu-ibu rumah tangga di RW. II desa Limpung Kecamatan Limpung Kabupaten Batang termasuk kategori baik (64,42%) sedangkan kesehatan kulitnya termasuk kategori sehat (63,1%). Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan regesi = 16,572 + 0,602X. hasil uji F diperoleh Fhitung =77,213 > Ftabel = 4,010.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada dampak penggunaan kosmetika pemutih terhadap kesehatan kulit pada ibu-ibu di RW II Desa Limpung Kecamatan Limpung Kabupaten Batang.
Saran yang dapat peneliti ajukan berdasarkan hasil penelitian adalah 1) ibu-ibu rumah tangga di RW II hendaknya tetap hati-hati dalam memilih produk kosmetika pemutih sebab banyak produk kosmetika pemutih yang beredar di pasaran dan jangan terpengaruh oleh iklan produk yang menarik, 2) produsen kosmetika pemutih hendaknya memberikan informasi yang lengkap tentang hasil produknya untuk memberikan rasa tenang kepada kosumennya serta menghindari penggunaan mercuri atau hidroquinon yang melebihi batas ambang, dan 3) biro iklan hendaknya menayangkan iklan tentang kosmetika pemutih sewajarnya sesuai dengan fungsi serta kegunaannya tanpa melebih-lebihkan untuk melindungi konsumen dari dampak negatif yang sebenarnya ada pada produk tersebut.

Download

DAMPAK PENGGUNA KOSMETIKA PEMUTIH TERHADAP KESEHATAN KULIT PADA IBU-IBU DI RW II DESA LIMPUNG KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH TAHUN 2005, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets