Dampak Perubahan Ekonomi Terhadap Sikap Dan Perilaku Keluarga TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dalam Kehidupan Bermasyarakat

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (114 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Dampak Perubahan Ekonomi Terhadap Sikap Dan Perilaku Keluarga TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dalam Kehidupan Bermasyarakat

Ana Susanti. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Dampak perubahan ekonomi terhadap sikap dan perilaku keluarga TKI yaituberubahnya sikap dan perilaku keluarga TKI dalam kehidupan bermasyarakat yangkebanyakan orang setelah mereka mempunyai uang yang banyak mereka akanbersikap sedikit sombong mungkin dengan cara memamerkan hasil yang didapatselama salah satu anggota keluarganya bekerja menjadi TKI. Banyak warga desaKlaling yang menjadi TKI di luar negeri. Sekitar kurang lebih 30 sampai 40 orangdari warga desa Klaling yang bekerja sebagai TKI. Ada beberapa hal yangmenyebabkan mereka bekerja sebagai TKI di luar negeri yaitu: 1) Adanya pengaruhlingkungan sekitarnya. Mereka melihat atau mendengar banyak orang yang berubahhidupnya atau sukses setelah mereka bekerja sebagai TKI, 2) gaji atau penghasilanyang ditawarkan lebih besar dari pada kalau kita bekerja di dalam negeri, walaupundisana hanya bekerja sebagai pembantu rumah tangga, 3) untuk mencari pekerjaankarena didalam negeri mencari pekerjaan sangat sulit apalagi dengan pendidikan yangrendah, 4) keinginan untuk merubah hidup menjadi lebih baik. Walaupun banyakberita-berita baik di media cetak maupun elektronik yang memberitakan tentangadanya kekerasan atau kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi pada TKIterutama tenaga kerja wanita (TKW) tidak menyurutkan tekad mereka untuk menjadiTKI di luar negeri. Namun kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatanpenelitian agar diperoleh jawaban yang akurat.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanagambaran ekonomi keluarga TKI sebelum dan sesudah salah satu anggotakeluarganya menjadi TKI di desa Klaling Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus ?, (2)bagaimana dampak perubahan ekonomi terhadap sikap dan perilaku keluarga TKIdalam kehidupan bermasyarakat di desa Klaling Kecamatan Jekulo KabupatenKudus?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perubahan ekonomi keluargaTKI sebelum dan sesudah salah satu anggota keluarganya menjadi TKI, (2)mengetahui seberapa besar dampak perubahan ekonomi terhadap sikap dan perilakukeluarga TKI di desa Klaling Kecamatan Jekulo kabupaten Kudus. Informasipenelitian ini adalah masyarakat desa Klaling yang salah satu anggota keluarganyamenjadi TKI dan tetangga sekitar rumah dari keluarga TKI tersebut, dengan jumlahkeseluruhan yaitu sekitar 10 responden ditambah 2 orang dari perangkat desa KlalingKecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data yang digunakandalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Data yang dikumpulkandianalisis dengan teknik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan ekonomi atau pendapatankeluarga yang jauh lebih baik bahkan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhanhidup sehari-hari. Mereka lebih memperhatikan gizi makanan, kesehatan anggotakeluarganya bahkan ada yang setiap bulan memeriksakan kesehatan keluarganya kedokter/ RS/ puskesmas, lebih memperhatikan pendidikan anak-anaknya, kualitassuatu barang yang dikonsumsi dan juga lebih memperhatikan kebersihan rumah danlingkungan sekitarnya. Selain itu perubahan hidup yang dialami oleh keluarga TKIsering ditandai dengan membeli sepeda motor, membangun rumah yang bagus,membeli tanah, memakai perhiasan yang banyak dan lain sebagainya. Dan merekamembeli suatu barang karena didorong oleh dua hal yaitu karena memang merekamembutuhkan barang tersebut atau hanya sekedar menunjukkan eksistensi dirinyabahwa dirinya punya uang banyak. Hal itu sering menimbulkan iri bagi orang yangtidak senang melihat mereka sukses atau sebaliknya dapat menimbulkankesombongan atau sikap yang kurang bersahabat dengan tetangga sekitarnya. Selainitu dengan peningkatan ekonomi keluarga juga dapat mengakibatkan budayakonsumsi yang berlebihan.

Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa peningkatanpenghasilan keluarga TKI dapat berdampak terhadap sikap dan perilaku keluarga TKIdalam kehidupan bermasyarakat baik itu positif maupun negatif.

Saran dalam penelitian ini, bagi keluarga TKI diharapkan bersikap danberperilaku sewajarnya sehingga tidak menimbulkan kecemburuan sosial dengantetangga atau masyarakat sekitarnya dan bagi wanita yang bekarja diharapkan tidakmelupakan kodratnya sebagai wanita. Dan bagi pihak pemerintah agar lebihmemperhatikan rakyat kecil dan masalah peluang kerja karena dari tahun ke tahunpengangguran semakin banyak dan dapat membuat kebijakan yang menguntungkansemua pihak.

Download

Dampak Perubahan Ekonomi Terhadap Sikap Dan Perilaku Keluarga TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dalam Kehidupan Bermasyarakat, 4.8 out of 5 based on 114 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets