Dampak Tradisi Pasar Kliwonan terhadap Upaya Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Batang.

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan hukum dan kwarganegaraan : Dampak Tradisi Pasar Kliwonan terhadap Upaya Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Batang.

Kustiani, Santi. 2005. Jurusan hukum dan kwarganegaraan, FakultasIlmu sosial. Universitas Negeri Semarang.

Kegiatan pembangunan masyarakat Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat agar semakin maju dan mandiri, serta dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila. Pembangunan akan berhasil apabila masyarakatnya telah diberdayakan secara maksimal, sehingga pembangunan di segala bidang dapat terlaksana dengan baik. Pelaksanaan Tradisi Pasar Kliwonan di Kabupaten Batang dapat dikatakan sebagai salah satu upaya pemberdayan masyarakat secara ekonomi. Namun kebenaran argumen ini perlu dibuktikan dengan kegiatn penelitian.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pelaksanaan Tradisi Pasar Kliwonan di Kabupaten Batang? dan (2) Bagaimanakah dampak Tradisi Pasar Kliwonan terhadap upaya pemberdayaan masyarakat Kabupaten Batang?. Penelitian ini bertujuan: (1) ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan Tradisi Pasar Kliwonan di Kabupaten Batang, dan (2) ingin mengetahui dampak Tradisi Pasar Kliwonan terhadap upaya pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Batang.

Kegunaan penelitian ini meliputi: (1) Secara teoritis sebagai tambahan khasanah pengetahuan atau sebagai bahan kajian ilmiah suatu gejala sosial di masyarakat. (2) Secara praktis bermanfaat untuk lebih memberdayakan masyarakat, dengan cara melakukan upaya-upaya pemberdayaan sehingga secara kualitas maupun kuantitas masyarakat akan semakin meningkat.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus adalah dampak positif dan dampak negatif dari pelaksanaan Tradisi Pasar Kiwonan terhadap upaya pemberdayaan masyarakat Kabupaten Batang. Sumber data yang digunakan adalah pedagang di Pasar Kliwonan, aparat yang terkait, tokoh masyarakat, sumber tertulis yang berkaitan, dan foto. Alat dan pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk mencapai keabsahan data digunakan teknik Triangulasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model analisis interaksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Tradisi Kliwonan sudah dilaksanakan sejak jaman dahulu. Dulunya malam Jumat Kliwon digunakan untuk pengobatan/penyembuhan bagi masyarakat yang terkena guna-guna atau sakit. Seiring berlalunya waktu, maka terjadi pergeseran fungsi yang cukup drastis. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah banyak yang beralih ke pengobatan yang lebih modern dan semakin banyaknya orang yang berjualan di malam Jumat Kliwon, sehingga mengganggu kesakralan kegiatan pengobatan. Sekarang pada malam Jumat Kliwon berlangsung pasar malam yang menjadi tempat bagi pedagang untuk mencari penghasilan. Adanya tradisi Pasar Kliwonan yang berlangsung setiap bulan secara tidak langsung telah menimbulkan dampak bagi upaya pemberdayaan masyarakat. Umumnya dampak yang ditimbulkan berupa dampak positif yang berupa peningkatan kesejahteraan dan adanya kesempatan bagi masyarakat untuk memberdayakan dirinya. Kalaupun ada dampak negatif, itu terjadi hanya saat pelaksanaan Tradisi Pasar Kliwonan berlangsung.

Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanan Tradisi Pasar Kliwonan dapat dikatakan sebagai salah satu upaya pemberdayaan. Hal ini dikarenakan Pasar Kliwonan menjadi sarana untuk memberdayakan diri agar kesejahteraan hidup masyarakat dapat meningkat. Adanya dampak yang ditimbulkan oleh pelaksanaan Tradisi Pasar Kliwonan merupakan sesuatu yang biasa. Dampak positif yang ada dapat kita ambil manfaatnya, dan dampak negatif kita tinggalkan. Sehingga pelaksanaan Tradisi Pasar Kliwonan benar-benar bermanfaat bagi upaya pemberdayaan masyarakat Kabupaten batang. Semua pihak yang terkait dapat saling membantu agar pelaksanaan Pasar Kliwonan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga tujuan yang ingin dicapai dapat terwujud.

Download

Dampak Tradisi Pasar Kliwonan terhadap Upaya Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Batang., 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets