DAYA BUNUH EKSTRAK SERAI (Andropogen nardus) TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti

This item was filled under [ Kesehatan Masyarakat ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (111 votes cast)

Skripsi Ilmu Kesehatan Masyarakat : DAYA BUNUH EKSTRAK SERAI (Andropogen nardus) TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti

Sri Wahyuni . 2005. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat , Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang.

Serai mempunyai kandungan kimia yang dapat digunakan sebagaiinsektisida alami. Kandungan kimia dari serai adalah senyawa sitral, sitronela,geraniol, mirsena, nerol, farnesol methil heptenol dan dipentena. Senyawasitronela mempunyai sifat racun dehidrasi (desiscant) yang dapat mengakibatkankematian karena kehilangan cairan terus menerus sehingga permasalahan yangdikemukakan adalah bagaimana kepekaan nyamuk Aedes aegypti terhadap ekstrakserai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang daya bunuhekstrak serai (Andropogen nardus) terhadap nyamuk Ae. aegypti.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen murnidengan rancangan penelitian post test only control group design, menggunakan 5macam konsentrasi ekstrak serai. Konsentrasi yang digunakan yaitu 60%, 70%,80%, 90% dan 100%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi ekstrakserai yang digunakan maka semakin tinggi pula kematian nyamuk Ae. aegypti danterdapat perbedan rata-rata kematian pada berbagai konsentrasi. Sedangkansetelah diuji dengan menggunakan uji probit, tidak dapat menunjukkan nilai LC50.Maka dapat diketahui bahwa kepekaan nyamuk Ae. aegypti terhadap ekstrak seraiadalah rendah.

Melihat hasil yang didapat dari penelitian ini maka perlu adanyapenambahan bahan kasar pembuatan ekstrak serai sehingga didapatkan ekstrakserai yang lebih pekat, hasil akhir ekstrak sebaiknya berbentuk serbuk kering,pemilihan metode pengujian sebaiknya disesuaikan dengan cara kerja bahan aktifyang ada pada zat yang dibuat ekstrak, dan perlu adanya penelitian daya bunuh ekstrak serai terhadap larva Ae. aegypti.

Download

DAYA BUNUH EKSTRAK SERAI (Andropogen nardus) TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti, 4.8 out of 5 based on 111 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “DAYA BUNUH EKSTRAK SERAI (Andropogen nardus) TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti”

  • andi
    17 May, 2012, 3:37

    kok beda isinya sm yg ditampilin. cb tolong dicek lg.. krn sy butuh judul ini..

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets