Desorpsi Tembaga (II) dari Ckorella sp yang Terimobilisasi pada Silika Gel

This item was filled under [ Kimia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan kimia: Desorpsi Tembaga (II) dari Ckorella sp yang Terimobilisasi pada Silika Gel

Lies Triani, 2006. Skripsi kimia, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Imobilisasi sel untuk menyerap logam toksik telah banyak dikembangkan, diantaranya adalah penggunaan Chlorella sp yang diimobilisasi pada silika gel untuk menyerap tembaga (II). Metode ini pada dasrnya belum menyelesaikan masalah karena dapat menimbulkan permasalhan baru bagi lingkungan jika adsorben yang telah mengikat logam toksik tidak diolah kembali. Salah satu cara untuk mengolah kembali adsorben yang telah mengikat logam adalah dengan desorpsi. Desorpsi merupakan proses pelepasan kembali ion/molekul yang telah berikatan dengan gugus aktif pada adsorben. Berbagai larutan dapat digunakan untuk mendesorpsi logam dari adsorben, diantaranya adalah HCl.

Berdasarkan uraian singkat di atas maka permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi optimum desorpsi yang meliputi waktu kontak dan pH awal desorben (HCl). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari parameter waktu kontak dan pH awal desorben terhadap desorpsi tembaga (II) dari Chlorella sp yang terimobilisasi pada silika gel sebagai material pendukung.

Pemelitian ini diawali dengan melakukan adsorpsi terlebih dahulu dengan cara menginteraksikan tembaga (II) dalam larutan dengan polisorben. Konsentrasi tembaga (II) dalam larutan ditentukan dengan teknik spektofotometri Serapan Atom (AAS). Jumlah tembaga (II) yang diserap oleh polisorben ditentukan dengan menghitung selisih ntara konsentrasi yang terdapat dalam larutan sebelum dan sesudah interaksi. Penentuan waktu optimum desorpsi dilakukan dengan cara menginteraksikan polisorben yang telah mengikat logam dengan HCl selama waktu kontak yang bervariasi. Sedangkan optimasi pH dilakukan dengan cara memvariasi pH HCl yang digunakan sebagai agen pendesorpsi Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan waktu desorpsi dan keasaman (penurunan pH) desorben meningkatkan jumlah Cu (II) yang terdesorpsi. Desorpsi Cu (II) optimum terjadi pada menit ke 60 dan pH desorben 1,6 dengan jumlah Cu (II) yang terdesorpsi mencapai 97,45%.

Download

Desorpsi Tembaga (II) dari Ckorella sp yang Terimobilisasi pada Silika Gel, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets