Dinning Philosophers Simulation

This item was filled under [ Komputer dan Informatika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (24 votes cast)

Komputer dan Informatika : Dinning Philosophers Simulation

Sistem operasi merupakan suatu program yang bertindak sebagai interface antara user dan sistem komputer. Sistem operasi ini harus mampu melakukan pengontrolan penggunaan resource. Dalam proses perancangan sistem operasi, terdapat suatu landasan umum yang disebut dengan kongkurensi. Proses-proses disebut kongkuren jika proses-proses (lebih dari satu proses) berada pada saat yang sama. Keadaan ini disebut dengan multitasking dari sistem operasi. Proses-proses kongkuren dapat sepenuhnya tak bergantung dengan lainnya tapi dapat juga saling berinteraksi. Proses-proses yang berinteraksi memerlukan sinkronisasi agar terkendali dengan baik. Namun, pada proses-proses kongkuren yang berinteraksi, terdapat beberapa masalah yang harus diselesaikan seperti deadlock, sinkronisasi dan sebagainya. Salah satu masalah klasik yang dapat menggambarkan masalah tersebut adalah Dining Philosophers Problem.

Dining Philosophers Problem dapat diilustrasikan sebagai berikut, terdapat lima orang filsuf yang akan makan. Di meja disediakan lima buah sumpit. Jika filsuf lapar betul, maka ia akan mengambil dua buah sumpit yaitu di tangan kanan dan kiri. Namun adakalanya hanya diambil sumpit satu saja. Jika ada filsuf yang mengambil dua buah sumpit, maka ada filsuf yang harus menunggu sampai sumpit tersebut ditaruh kembali. Di dalam problema ini ada kemungkinan terjadi deadlock yaitu suatu kondisi dimana dua proses atau lebih tidak dapat meneruskan eksekusinya.

Penulis bermaksud untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penulis merancang suatu perangkat lunak yang dapat mensimulasikan proses kerja dari problema tersebut sekaligus mensimulasikan pencegahan masalah deadlock tersebut.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

Dinning Philosophers Simulation, 5.0 out of 5 based on 24 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Dinning Philosophers Simulation”

  • ijonk
    13 November, 2010, 17:32

    kok ada error nya ya kak.
    minta dong file complete-nya..

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets