DUMMY LOAD SEBAGAI ALAT PROTEKSI GENERATOR INDUKSI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (126 votes cast)

Skripsi Teknik Elekktro : DUMMY LOAD SEBAGAI ALAT PROTEKSI GENERATOR INDUKSI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO

oleh :
DIDIK FATHUN NUHA
02/157563/ET/02581
JURUSAN EKSTENSI TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS GADJAH MADA
JOGJAKARTA

Pembangkit listrik tenaga air atau yang lebih dikenal dengan PLTA, mempunyai peranan yang cukup penting dalam memenuhi kebutuhan daya listrik di negara Indonesia. Besarnya kebutuhan energi listrik yang diperlukan saat ini menunjukkan bahwa energi listrik sudah menjadi suatu kebutuhan pokok yang sangat penting, misalnya untuk prasarana produksi dan keperluan rumah tangga sehari-hari lainnya.

Bagi masyarakat maju, kebutuhan energi listrik merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendasar bagi kelangsungan hidup mereka dan tidak dapat tergantikan dengan yang lainnya. Sedangkan bagi masyarakat yang berkembang, energi listrik dapat menunjang kemajuan dan kesejahteraan hidupnya, karena dengan adanya energi listrik memungkinkan masyarakat berkembang menggunakan peralatan dan teknologi baru yang telah digunakan oleh masyarakat maju secara lebih luas.
Dengan memperkirakan laju pertumbuhan ekonomi nasional yang mulai tahun 2000 akan berangsur-angsur pulih hingga mencapai 5,6% pada tahun 2029, diperkirakan selama 35 tahun mendatang konsumsi energi dalam negeri akan meningkat rata-rata 2,8% per-tahun. Dari total konsumsi energi pada periode 1994 – 1999 sebesar 9% disuplai oleh listrik dan akan meningkat pada periode tahun selanjutnya.
2
Pembangkit listrik, khususnya di Indonesia pembangkit listrik utamanya masih tergantung pada pembangkit listrik dengan bahan bakar fosil sebagai penggeraknya. Perlu diketahui bahwa bahan bakar fosil adalah bahan bakar yang bukan resource atau tidak dapat didaur ulang. Misalnya minyak bumi, pada periode tahun ini bahan bakar minyak bumi mencapai puncak dalam hal siklus hasil eksploitasi minyak bumi dalam barel per tahun. Pada beberapa dekade lagi diperkirakan cadangan minyak bumi akan terus menyusut dan akhirnya akan benar-benar habis. Karena itu diperlukan alternatif penyediaan energi yang tidak tergantung pada bahan bakar fosil.
Telah diketahui bahwa potensi tenaga air di Indonesia sangat besar dan masih belum dimanfaatkan secara maksimal, terutama untuk penyediaan energi listrik. Bagi negara Indonesia yang merupakan negara berkembang, memanfaatkan energi yang mempunyai biaya operasional yang murah merupakan alternatif terbaik. Alternatif penyediaan energi listrik yang memiliki karakter:

1. Dapat mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian energi bahan bakar fosil, khususnya minayak bumi.
2. Dapat menyediakan energi listrik dalam skala lokal regional.
3. Mampu memanfaatkan potensi sumber daya energi setempat.
4. Cinta lingkungan, dalam artian proses produksi dan pengembangan hasil produksi tidak merusak lingkungan hidup sekitar.
Namun kondisi geografis dan penebaran penduduk di Indonesia yang tidak merata menyebabkan kebutuhan listrik yang tidak merata pula dan hal ini merupakan kendala tersendiri uantuk penyediaan listrik dalam skala besar seperti
3
PLTA. Salah satu solusinya adalah dengan pengadaan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMh).
Pada tugas akhir ini akan dibahas tentang alat proteksi generator induksi dalam PLTMh, yaitu dummy load yang berdasarkan pada prinsip kerja kontaktor.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

DUMMY LOAD SEBAGAI ALAT PROTEKSI GENERATOR INDUKSI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO, 4.7 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

3 Comments on “DUMMY LOAD SEBAGAI ALAT PROTEKSI GENERATOR INDUKSI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO”

  • agusman
    18 January, 2011, 16:54

    kirim ke gue bentar y

  • taufik
    8 August, 2011, 1:19

    bisa kirim soft kopi

  • frengky
    14 November, 2011, 10:13

    kirim kan dong ke aq.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets