EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA ANIMASI DAN LKS MANDIRI PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN LUAS DAN KELILING DAERAH SEGIEMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I WONOSOBO TAHUN AJARAN 2006/2007

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN Matematika : EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA ANIMASI DAN LKS MANDIRI PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN LUAS DAN KELILING DAERAH SEGIEMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I WONOSOBO TAHUN AJARAN 2006/2007

REVILLIA ARDHI. 2007. Skripsi. JURUSAN Matematika FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2007

Mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), SMP Negeri 1 Wonosobo menetapkan Standar Ketuntasan Belajar Minimum (SKBM) untuk pokok bahasan geometri 75. Apalagi dengan adanya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang menuntut ketiga aspek penilaian dalam suatu pembelajaran yaitu aspek pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi dan aspek pemecahan masalah. Untuk itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan rata-rata ketuntasan belajar siswa.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah pembelajaran menggunakan media animasi dan LKS lebih baik daripada pembelajarn tanpa menggunakan media terhadap hasil belajar dan rata-rata ketuntasan belajar siswa pada ketiga aspek yang diujikan? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan animasi yang dikemas dalam bentuk software “ Microsoft Power Point “ dan LKS lebih baik daripada pembelajaran tanpa menggunakan media animasi terhadap hasil belajar dan rata-rata ketuntasan belajar siswa kelas VII semester II di SMP Negeri 1 Wonosobo pada pokok bahasan pengukuran luas dan keliling daerah segiempat.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester II di SMP Negeri I Wonosobo dengan pokok bahasan luas dan keliling daerah segiempat.
Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan lembar pengamatan. Selanjutnya dianalisis dengan uji t dan uji ketuntasan hasil belajar siswa.
Dari Hasil penelitian diperoleh nilai t sebesar 2,860 = ttabel 1,66 untuk aspek pemahaman konsep, nilai t sebesar 2,351 = ttabel 1,66 untuk aspek penalaran dan komunikasi dan nilai t sebesar 2,227 = ttabel 1,66 untuk aspek pemecahan masalah sehingga untuk ketiga aspek Ho ditolak, dengan kata lain pembelajaran dikelas eksperimen dengan menggunakan media animasi dan LKS lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Terjadinya perbedaan hasil belajar ini salah satunya karena adanya penggunaan media animasi dan Lembar Kerja Siswa dalam pembelajaran pada kelas eksperimen.
Untuk pencapaian rata-rata ketuntasan belajar masing-masing aspek mencapai skor tuntas. Selain itu estimasi rata-rata dan estimasi proporsi ketuntasan belajar siswa dengan pendayagunaan media animasi dan LKS menunjukkan derajat kepercayaan yang cukup baik yaitu lebih dari 70% tuntas.
Secara deskriptif dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan media animasi dan LKS dapat mengefektifitaskan pembelajaran matematika.
Berdasarkan keberhasilkan pembelajaran dengan menggunakan strategi berbasis media animasi dan LKS mandiri, maka disarankan hendaknya guru dalam mengajar mengutamakan siswa belajar menyenangkan. Salah satu alternatifnya adalah dengan menerapkan strategi berbasis media animasi dan LKS mandiri.

Download

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA ANIMASI DAN LKS MANDIRI PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN LUAS DAN KELILING DAERAH SEGIEMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I WONOSOBO TAHUN AJARAN 2006/2007, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets