Efektivitas Asam 2,4-Diklorofenoksiasetat (2,4-D) dan Kinetin pada Medium MS dalam Induksi Kalus Sambiloto dengan Eksplan Potongan Daun

This item was filled under [ biologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan biologi: Efektivitas Asam 2,4-Diklorofenoksiasetat (2,4-D) dan Kinetin pada Medium MS dalam Induksi Kalus Sambiloto dengan Eksplan Potongan Daun

Alia Fitrianti. 2006. Skripsi biologi, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Asam 2,4-D dan Kinetin merupakan zat pengatur tumbuh yang banyak digunakan dalam kultur jaringan tumbuhan. Asam 2,4-D adalah salah satu auksin yang berperan dalam pertumbuhan kalus dari eksplan dan menghambat regenerasi pucuk tanaman. Sedangkan kinetin adalah salah satu sitokinin yang berperan untuk pembelahan sel dalam kultur jaringan tanaman. Perbandingan auksin dan sitokinin yang seimbang pada eksplan dapat menghasilkan pertumbuhan kalus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian asam 2,4-D dan kinetin pada medium MS terhadap induksi kalus sambiloto dengan eksplan potongan daun serta untuk mengetahui konsentrasi asam 2,4-D dan kinetin pada medium MS yang dibutuhkan untuk induksi kalus sambiloto dengan eksplan potongan daun tersebut.

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi Universitas Negeri Semarang pada bulan Juni sampai Agustus 2005. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 2 faktorial yang terdiri dari 6 perlakuan asam 2,4-D dengan konsentrasi 0, 0.1, 0.25, 0.5, 1.0, 5 mg/l dan 6 perlakuan kinetin dengan konsentrasi 0, 0.1, 0.25, 0.5, 1.0, 5 mg/l dan 3 kali perulangan sehingga diperlukan 36 x 3 = 108 sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian perlakuan asam 2,4-D dan kinetin dengan berbagai tingkatan konsentrasi pada daun sambiloto dapat menginduksi pembentukan kalus. Kelompok perlakuan K1D0 dengan konsentrasi kinetin 0,1 mg/l dan asam 2,4-D 0 mg/l mempunyai berat kalus sebesar 3,61 gram. Perlakuan ini merupakan kombinasi perlakuan yang menghasilkan kalus paling besar, dimana pada perlakuan ini hanya dengan konsentrasi kinetin 0,1 mg/l sudah dapat menginduksi pertumbuhan kalus sambiloto tanpa ada penambahan asam 2,4-D. Hal ini mungkin terjadi karena pertumbuhan kalus pada perlakuan tersebut kandungan auksinnya sudah cukup untuk membentuk kalus dan hanya dibutuhkan kinetin saja untuk membentuk kalus.
Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa pada interaksi pemberian asam 2,4-D dan kinetin pada medium MS berpengaruh terhadap induksi kalus sambiloto dengan eksplan potongan daun, serta konsentrasi kinetin pada medium MS yang dibutuhkan untuk induksi kalus sambiloto dengan eksplan potongan daun tersebut adalah 0,1 mg/l.

Download

Efektivitas Asam 2,4-Diklorofenoksiasetat (2,4-D) dan Kinetin pada Medium MS dalam Induksi Kalus Sambiloto dengan Eksplan Potongan Daun, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets