Efektivitas Hasil Belajar Pekerjaan Logam Dasar Yang Menggunakan Lembar Kerja Siswa Pada Pokok Bahasan Pengasahan Alat-aat Potong

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (127 votes cast)

Skripsi Teknik Mesin : Efektivitas Hasil Belajar Pekerjaan Logam Dasar Yang Menggunakan Lembar Kerja Siswa Pada Pokok Bahasan Pengasahan Alat-aat Potong

Hanan Hasbullah, 2005. Skiripsi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti menyarankan agar dalam kegiatan belajar mengajar dilengkapi dengan LKS yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.Implementasi kurikulum SMK 1999 yang menganut empat prinsip yaitu berbasis kompetensi, berbasis luas dan mendasar, berbasis ganda dan pembelajaran tuntas sehingga tamatan SMK yang diharapkan memiliki sikap profesional, memiliki keahlian dalam ruang lingkup teknik mesin perkakas khususnya program produktif pekerjaan logam dasar berdasarkan pemahaman, penguasaan konsep dan prinsip keilmuan. Hal tersebut menuntut pihak sekolah untuk melakukan perubahan manajemen sekolah yang diterapkan, baik sistem pengajaran maupun media atau alat yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Metode mengajar yang digunakan di SMK Ma’arif Bobotsari 2004 / 2005 cenderung monoton, menyebabkan motivasi siswa untuk belajar menurun yang pada akhirnya hasil belajar pekerjaan logam dasar kurang optimal. Penggunaan alat bantu yaitu berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang diterbitkan sebagai panduan kegiatan belajar mengajar SMK Ma’arif Bobotsari 2004 / 2005 belum digunakan secara maksimal.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah efektif manakah antara pembelajaran yang menggunakan LKS dibandingkan pembelajaran yang tidak menggunakan LKS yang ditunjukkan dengan hasil belajar berupa nilai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas penggunaan LKS terhadap hasil belajar pekerjaan logam dasar pokok bahasan pengesahan alat-alat potong siswa kelas 1 SMK Ma’arif Bobotsari 2004 / 2005. Manfaat dalam penelitian ini adalah memberikan peranan yang nyata sebagai salah satu upaya dalam pencapaian tujuan penerapan kurikulum SMK 1999.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan populasi siswa kelas 1 Jurusan Teknik Mesin SMK Ma’arif Bobotsari 2004 / 2005 dengan jumlah populasi 144. Teknik sampling yang digunakan yaitu proportional random sampling dengan jumlah sampel 72 siswa. Metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes merupakan metode pengumpulan data yang digunakan. Analisis butir soal meliputi validitas, realibitias, indeks kesukaran dan daya pembeda soal.uji, normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan varians dan uji hipotesis merupakan metode analisis data yang digunakan. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5% didapatkan t hitung adalah 4,234, sedangkan t tabel adalah 1,994 karena t hitung > t tabel maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan terima hipotesis alternatif (Ha), artinya pembelajaran yang menggunakan LKS lebih efektif dibandingkan pembelajaran yang tidak menggunakan LKS yang ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar pekerjaan logam dasar kelompok eksperimen lebih baik(79,74).

Download

Efektivitas Hasil Belajar Pekerjaan Logam Dasar Yang Menggunakan Lembar Kerja Siswa Pada Pokok Bahasan Pengasahan Alat-aat Potong, 4.9 out of 5 based on 127 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets