Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis KBK Terhadap Hasil Belajar dalam Proses Pembelajaran Biologi

This item was filled under [ Pendidikan Biologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (127 votes cast)

Skripsi Pendidikan Biologi : Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis KBK Terhadap Hasil Belajar dalam Proses Pembelajaran Biologi pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 24 Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005

Sebagian besar guru-guru menggunakan metode pengajaran ceramah, tanya jawab, atau pemberian tugas dalam proses pembelajaran. Walaupun metode tersebut masih relevan dengan perkembangan pendidikan sekarang ini, tetapi kurang mampu mendorong siswa berperan secara aktif. Nilai ujian pada mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPS yang penulis peroleh dari daftar nilai ujian nasional siswa kelas III SMP Negeri 24 Semarang tahun pelajaran 2003/2004 memuaskan, tetapi nilai ujian pada mata pelajaran IPA masih belum memuaskan.

Oleh karena itu, maka perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran khususnya proses pembelajaran Biologi. Perbaikan tersebut dalam hal penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik, dan dapat membuat siswa berperan aktif serta kreatif.

Metode pembelajaran yang mampu menggiatkan siswa untuk berpikir secara aktif dan kreatif di dalam proses pembelajaran adalah metode pembelajaran inkuiri. Metode pembelajaran inkuiri tidak hanya mengembangkan kemampuan intelektual tetapi seluruh potensi yang ada, termasuk pengembangan emosional dan pengembangan keterampilan. Di dalam metode pembelajaran inkuiri ini, siswadihadapkan pada sebuah masalah yang tidak sengaja dibuat oleh guru atau hasil “rekayasa”, sehingga siswaharus mengerahkan seluruh pikiran dan keterampilannya untuk mendapatkan temuan-temuan di dalam masalah itu melalui poses penelitian

Dengan metode pembelajaran inkuiri akan melatih siswa berani mengemukakan pendapat dan menemukan sendiri pengetahuannya yang berguna untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Penggunaan metode pembelajaran inkuiri secara efisien dan efektif akan mengurangi monopoli guru dalam penguasaan jalannya proses pembelajaran, dan kebosanan siswadalam menerima pelajaran akan berkurang

Download

Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis KBK Terhadap Hasil Belajar dalam Proses Pembelajaran Biologi, 4.7 out of 5 based on 127 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets