EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SEMARANG

This item was filled under [ sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (30 votes cast)

skripsi jurusan pendidikan sejarah: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SEMARANG

Evi Masluhatun Ni’mah. 2007. Skripsi pendidikan sejarah, Fakultas ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.

Hasil belajar siswa untuk mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Semarang tergolong masih rendah. Hal tersebut dikarenakan mata pelajaran sejarah yang bersifat abstrak dan penerapan model pembelajaran konvensional yang kurang mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu. Pembelajaran konvensional cenderung meminimalkan keterlibatan siswa sehingga guru nampak lebih aktif. Kebiasaan bersikap pasif dalam proses pembelajaran dapat mengakibatkan sebagian besar siswa takut dan malu bertanya pada guru mengenai materi yang kurang dipahami. Suasana belajar di kelas menjadi sangat monoton dan kurang menarik. Salah satu model pembelajaran yang dicobakan melalui penelitian ini adalah model pembelajaran Think-Pair-Share.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah hasil belajar pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share? (2) bagaimanakah hasil belajar pembelajaran sejarah dengan menggunakan pembelajaran konvensional? dan (3) apakah pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada materi pokok kehidupan awal masyarakat kepulauan Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 3 Semarang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share lebih efektif dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada materi pokok kehidupan awal masyarakat kepulauan Indonesia.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Semarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan pola M-G yaitu menggunakan teknik penyeimbang rata-rata nilai pre tes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Ada 2 (dua) variabel
dalam penelitian ini, yaitu: (1) Model pembelajaran Think-Pair-Share dengan model pembelajaran konvensional, dan (2) Hasil belajar sejarah siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dokumentasi dan tes. Hasil uji instrumen (uji validitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda) yang terdiri dari 40 butir soal dan yang dipakai untuk pre tes dan post tes adalah 30 butir soal. Berdasarkan hasil uji reliabilitas instrumen didapatkan r11 = 0,917 dan r tabel = 0,444 diketahui 0,917 > 0,444 dengan demikian instrumen tersebut reliabel dan dapat digunakan untuk pengumpulan data.
Hasil uji perbedaan dua rata-rata pre tes (t berada pada daerah penerimaan Ho) disimpulkan tidak ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji perbedaan rata-rata post tes kelompok eksperimen dan kelompok viiikontrol diperoleh bahwa kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Estimasi rata-rata pada kelompok kontrol yaitu 61,62 – 66,71 dengan rata-rata hasil belajar siswa 64,17 sedangkan estimasi rata-rata kelompok eksperimen 68,68 – 73,03 dengan rata-rata hasil belajar 70,85, berarti kelompok kontrol hasil belajarnya lebih rendah dibandingkan dengan kelompok eksperimen, maka ada pengaruh antara efektivitas model pembelajaran Think-Pair-Share dalam mata pelajaran sejarah pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Think-Pair-Share pada materi pokok kehidupan awal masyarakat kepulauan Indonesia lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional, untuk itu disarankan agar penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Selain itu agar diadakan penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian lain.

Download

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SEMARANG, 4.8 out of 5 based on 30 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

3 Comments on “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SEMARANG”

  • Iram Arifin Djati
    16 August, 2011, 10:15

    koq ga bisa di download yach???

  • Iram Arifin Djati
    16 August, 2011, 10:17

    Koq gak bisa di download yach????

  • Miftahul
    17 January, 2012, 8:28

    Saya lagi mencari untuk relevansi penelitian motode TPS matematika pada SMA?

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets