Efektivitas Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Keterampilan Elektronika

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (128 votes cast)

Skripsi Teknik Elektro : “ Efektivitas Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Keterampilan Elektronika”

Noor Jannah, 2005. Skripsi Jurusan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Mata pelajaran keterampilan elektronika merupakan salah satu jenis keterampilan teknik yang mempelajari rangkaian listrik arus lemah pokok bahasan adaptor. Pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar adalah pembelajaran yang memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi yaitu mampu membuat adaptor. Sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, proses belajar dan mengajar diharapkan memakai pembelajaran berbasis kompetensi dengan pendekatan kontekstual agar hasil belajar yang dicapai sesuai dengan ompetensi (pengetahuan dan keterampilan). Masalah yang diungkap adalah efektifkah pembelajaran berbasis kompetensi dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran keterampilan elektronika siswa SLTP Negeri 2 Kudus Tahun Ajaran 2004/ 2005. Manfaat yang diperoleh yaitu mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis kompetensi dengan pendekatan kontekstual, mengetahui nilai rata-rata hasil belajar siswa, memperbaiki kualitas proses belajar mengajar, dan bekal dalam penerapan pembelajaran berbasis kompetensi dengan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektif tidaknya pembelajaran berbasis kompetensi dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran keterampilan elektronika.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak enam kelas di SLTP Negeri 2 Kudus dengan jumlah 243 orang. Teknik pengambilan sampel secara proportional random sampling dengan penentuan jumlah sampel berpedoman pada rumus Slovin. Dari populasi sebanyak 243 siswa berdasarkan perhitungan dengan rumus Slovin diperoleh besarnya sampel sebanyak 71 siswa. Variabel penelitian ada dua yaitu pembelajaran berbasis kompetensi dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran keterampilan elektronika sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan metode dokumenter, tes dan observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif persentase.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata nilai kemampuan praktik siswa adalah 85,92, sedangkan rata-rata nilai kemampuan hasil belajar teori siswa sebesar 82,6. Dilihat dari hasil belajar masing-masing siswa menunjukkan bahwa terdapat 70 siswa atau 97,18% yang telah memiliki hasil belajar lebih dari 75. Hal ini menunjukkan bahwa secara klasikal penerapan pembelajaran berbasis kompetensi dengan pendekatan kontekstual pokok bahasan adaptor pada mata pelajaran keterampilan elektronika siswa kelas VIII SLTP Negeri 2 Kudus tahun ajaran 2004/2005 telah mampu mencapai tujuan instruksional yang ditandai telah tercapainya batas minimal standar ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 85% siswa dalam kelas mencapai nilai minimal yang ditetapkan (75). Dengan demikian pembelajaran berbasis kompetensi dengan pendekatan kontekstual pokok bahasan adaptor pada mata pelajaran keterampilan elektronika adalah efektif.

Mengacu dari hasil penelitian tersebut peneliti dapat mengajukan saran yaitu hendaknya guru mempertimbangkan penerapan pembelajaran pada pokok bahasan adaptor dengan pembelajaran berbasis kompetensi dengan pendekatan kontekstual, sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.

Download

Efektivitas Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Keterampilan Elektronika, 4.8 out of 5 based on 128 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets