EFEKTIVITAS VCD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

This item was filled under [ Pendidikan Bahasa Indonesia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (28 votes cast)

Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia : EFEKTIVITAS VCD SEBAGAI MEDIA (PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI MI TSAMROTUL HUDA 1 JATIROGO  KEC. BONANG KAB. DEMAK 2005/2006).


Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang

ABSTRAK

Darmawan, Agung Dwi. 2006. Efektivitas VCD Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Di MI Tsamrotul Huda 1 Jatirogo Kec. Bonang Kab. Demak 2005/2006. Skripsi   Halaman. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I:Dra. Istyarini, Pembimbing II:Drs. Thomas Sukarno, M.A.

Kata Kunci : VCD, Media Pembelajaran,Peningkatan Prestasi Belajar, IPS, Penelitian Tindakan Kelas

Tuntutan masyarakat yang semakin besar terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat pendidikan tidak mungkin lagi dikelola hanya dengan melalui pola tradisional. Metode-metode pembelajaran konvensional yang cenderung masih berpusat pada guru (teacher centered), text book centered dan mono media sudah sepatutnya diinovasi karena jika guru masih mendominasi proses pembelajaran maka siswa akan bersikap pasif. Selain itu, siswa akan menganggap proses pembelajaran adalah sesuatu yang membosankan, monoton, kurang menyenangkan, dan berbagai macam keluhan lainnya.

Seperti halnya di MI Tsamrotul Huda 1 Jatirogo Demak dimana guru masih menggunakan metode ceramah dan kurangnya penggunaan media sebagai alat bantu mengajar guru pada pembelajaran IPS, menyebabkan hasil pembelajaran IPS khususnya kelas IV MI Tsamrotul Huda 1 Jatirogo Demak kurang memuaskan dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain. Pemilihan VCD pembelajaran sebagai media pendidikan dan sumber pembelajaran IPS mengkondisikan siswa untuk belajar secara mandiri melalui pembelajaran mandiri, siswa dapat berpikir aktif serta mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, siswa dapat berperan sebagai peneliti, analis, tidak hanya sebagai konsumen informasi saja. Berdasarkan hal – hal tersebut, diharapkan bahwa VCD pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh VCD Pembelajaran terhadap pencapaian prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Tsamrotul Huda 1 Jatirogo Demak Tahun Ajaran 2005/ 2006. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil penelitian ini diperoleh dari tindakan kelas pada siklus I dan tindakan kelas pada siklus II dan siklus III. Hasil penelitian ini terdiri dari hasil tes dan non tes. Hasil ini dapat dilihat pada siklus I yaitu materi tentang teknologi komunikasi, menggunakan media VCD. Siklus II yaitu tentang teknoloogi komunikasi, menggunakan media VCD dan pada Siklus yang ke III adalah materi tentang teknologi komunikasi dan tranportasi juga melalui media VCD. Sedangkan hasil non tes berupa keaktifan siswa selama pembelajaran yang diperoleh melalui kegiatan observasi..

Pada siklus I  diperoleh nilai rata-rata hasil pretest sebesar (5,5) dan nilai rata-rata hasil postest hanya (6,7), kemudian pada siklus II nilai rata-rata hasil pretest sebesar (6,2) dan nilai rata-rata hasil postest meningkat menjadi (7,4),  dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata hasil pretest sebesar (6,6) dan nilai rata- rata hasil postest meningkat lagi menjadi (8,2).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran menggunakan media VCD pembelajaran, mampu meningkatkan prestasi belajar IPS siswa Kelas IV Di MI Tsamrotul Huda 1 Jatirogo Demak 2005/2006.

Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan bahwa guru IPS hendaknya dalam pembelajaran khususnya pada pokok bahasan alat transportasi dan komunikasi menggunakan media VCD pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal dan siswa memperoleh nilai sesuai target yang diinginkan.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini


EFEKTIVITAS VCD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN , 4.9 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets