engaruh Debt Ratio dan Return On Equity Terhadap Pertumbuhan Laba Di Bursa Efek Jakarta

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan ekonomi: Pengaruh Debt Ratio dan Return On Equity Terhadap Pertumbuhan Laba Di Bursa Efek Jakarta

Willy Ciptadi. 2006. Skripsi ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Pertumbuhan laba merupakan salah satu informasi prediksi yang sangat penting bagi para pengguna laporan keuangan, informasi yang memberikan gambaran atas prospek hasil usaha dan keadaan keuangan perusahaan di masa mendatang. Pertumbuhan laba dipengaruhi beberapa faktor, antara lain debt ratio dan return on equity. DR merupakan kemampuan perusahaan dalam menggunakan dana dari kreditur, ROE merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan menggunakan modal sendiri.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh DR dan ROE secara simultan maupun parsial terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis besarnya pengaruh DR dan ROE secara simultan maupun parsial terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta periode 2003-2004 yang berjumlah 38 perusahaan. Pengambilan sampel yang berjumlah 27 perusahaan dilakukan dengan menggunakan target populasi. Ada 3 variabel dalam penelitian ini, yaitu DR, ROE, dan pertumbuhan laba. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, misalnya laporan keuangan perusahaan. Data dianalisis melalui uji regresi berganda dengan bantuan komputer program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan DR dan ROE secara simultan maupun parsial mengalami kenaikan atau penurunan maka pertumbuhan laba mengalami kenaikan atau penurunan. Pengaruh variabel regresor terhadap pertumbuhan laba sebesar 20,8%, sisanya 79,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Saran, bagi investor untuk mempertimbangkan DR dan ROE dalam meningkatkan pertumbuhan laba karena DR dan ROE secara simultan maupun parsial berpengaruh terhadap pertumbuhan laba.

Download

engaruh Debt Ratio dan Return On Equity Terhadap Pertumbuhan Laba Di Bursa Efek Jakarta, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets