ESTIMATOR BAYES UNTUK RATA-RATA TAHAN HIDUP DARI DISTRIBUSI GAMMA DENGAN SAMPEL LENGKAP SERTA SIMULASINYA DENGAN PROGRAM MICROSOFT VISUAL BASIC VERSI 6.0

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi Pendidikan Matematika : ESTIMATOR BAYES UNTUK RATA-RATA TAHAN HIDUP DARI DISTRIBUSI GAMMA DENGAN SAMPEL LENGKAP SERTA SIMULASINYA DENGAN PROGRAM MICROSOFT VISUAL BASIC VERSI 6.0

SUPARDI, 2005. Skripsi Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Estimasi parameter populasi dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan klasik dan pendekatan bayes. Estimator yang diperoleh dengan pendekatan bayes disebut estimator bayes. Uji hidup merupakan penyelidikan eksperimental tentang tahan hhidup dari suatu benda atau unit (komponen) di bawah kondisi operasi tertentu. Data tahan hidup yang diperoleh dari percobaan uji hidup dapat berbentuk data lengkap, data tersensor tipe I, dan data tersensortipe II. Salah satu distribusi yang digunakan dalam analisis data uji hidup adalah distribusi Weibull, namun belum dibuat simulasinya dengan bantuan komputer khususnya dengan program Microsoft Visual Basic versi 6.0.

Berdasarkan uraian di atas permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimana bentuk estimator bayes dan estimator maksimum likelihood (MLE) untuk rata-rata tahan hidup dari data uji hidup berdistribusi Weibull dengan sampel lengkap, serta bagaimana simulasinya dengan menggunakan program Microsoft Visual Basic versi 6.0? Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk estimator bayes dan estimator maksimum likelihood (MLE) untuk rata-rata tahan hidup dari data uji hidup berdistribusi Weibull dengan sampel lengkap, serta simulasi dari hasil yang didapat dengan program Microsoft Visual Basic versi 6.0. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk masukan sebagai alternatif pemilihan dalam persoalan estimasi (dalam statistika).

Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode studi literatur yaitu mencari konsep-konsep dasar yang diperkirakan akan mengantar ke pemecahan masalah yaitu bentuk estimator bayes dan estimator maksimumlikelihood (MLE) serta simulasinya untuk rata-rata tahan hidup dari data uji hidup berdistribusi Weibull dengan sampel lengkap.

Dengan menggunakan program Microsoft Visual Basic versi 6.0, simulasi yang diperoleh dapat diselesaikan secara cepat dan akurat. Adapun saran-saran yang dapat disampaikan adalah perlu dilakukannya penelitian lanjut untuk 1) mencari estimator bayes untuk rata-rata tahan hidup dari distribusi Weibull dengan sampel tersensor tipe I dan II, 2) mencari simulasinya dengan menggunakan program komputer selain Microsoft Visual Basic 6.0 sehingga dapat diperoleh program komputer mana yang lebih cepat dan lebih baik digunakan. .

Download

ESTIMATOR BAYES UNTUK RATA-RATA TAHAN HIDUP DARI DISTRIBUSI GAMMA DENGAN SAMPEL LENGKAP SERTA SIMULASINYA DENGAN PROGRAM MICROSOFT VISUAL BASIC VERSI 6.0, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets