Evaluasi Kemampuan lahan Wilayah Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan.

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (113 votes cast)

Skripsi jurusan geografi: Evaluasi Kemampuan lahan Wilayah Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan.

Mardiyanah, 2005. Jurusan geografi , Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Klasifikasi Kemampuan Lahan merupakan penilaian lahan (komponenkomponenlahan) secara sistematik dan pengelompokkannya kedalam beberapakategori berdasarkan atas sifat-sifat yang merupakan potensi dan penghambatdalam penggunaanya secara lestari. Dalam tugas Akhir ini permasalahannyaadalah (1). Bagaimana klasifikasi kemampuan lahan yang ada di wilayahKecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan, (2). Apakah penggunaan lahandi wilayah Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan sesuai dengankemampuan lahan yang terdapat di derah tersebut. Tujuan penulisan Tugas Akhirini adalah (1). Mengetahui klasifikasi kemampuan lahan yang ada di wilayahKecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan yang disajikan dalam bentuk petakelas kemampuan lahan, (2). Mengevaluasi kesesuaian antara penggunaan lahanyang ada dengan kemampuan lahan yang sudah ditetapkan. Penulisan TugasAkhir ini bermanfaat bagi pembangunan dan ilmu pengetahuan.

Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi,dokumentasi, studi kepustakaan, interpretasi. Dalam pengumpulan data tersebutdigunakan populasi dan sampel yang berupa satuan lahan. Metode analisa datayang digunakan adalah metode scorring dan overlay melaiui kegiatan ceklapangan.

Berdasarkan hasil overlay peta kemiringan, peta penggunaan lahan danpeta bentuk lahan diproleh 55 jenis satuan lahan dan dengan metode scorring diwilayah Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan terdapat 3 kelaskemampuan lahan yaitu kelas II, III dan kelas IV. Ketiga kelas kemampuan lahanyang terdapat di wilayah Kecamatan Karanganyar tersebut dipengaruhi oleh faktorpenghambat yang berupa erosi. Jika faktor tersebut kurang mendapat perhatiandari masyarakat dalam pemanfaatan lahan maka dapat menimbulkan dampaknegatif baik bagi masayarakat maupun lingkungan sekitar. Hal ini menunjukkanbahwa dalam pemanfaatan lahan di wilayah Kecamatan Karangnyar sebaiknyaperlu diperhatikan kemampuan lahan agar tidak menimbulkan dampak yangberkelanjutan.

Dari pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa di wilayahKecamatan Karanganyar terdapat 3 karakteristik lahan yang berbeda denganarahan berbeda pula. Penulis menyarankan sebaiknya dalam perencanaanpenggunaan lahan perlu diperhatikan kondisi kemampuan lahan yang berkaitanagar tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

Download

Evaluasi Kemampuan lahan Wilayah Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan., 4.7 out of 5 based on 113 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets