EVALUASI KINERJA BISNIS DENGAN PENDEKATAN KONSEP BALANCED SCORECARD PADA PT. POLIPLAS MAKMUR SANTOSA UNGARAN

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN AKUNTANSI: EVALUASI KINERJA BISNIS DENGAN PENDEKATAN KONSEP BALANCED SCORECARD PADA PT. POLIPLAS MAKMUR SANTOSA UNGARAN

Ratna Budiarti, 2007. Skripsi.JURUSAN AKUNTANSI,FAKULTAS Ekonomi,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2007

PT. Poliplas Makmur Santosa Ungaran adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi karung plastik. PT.Poliplas Makmur Santosa Ungaran dalam mengevaluasi kinerjanya hanya menggunakan pengukuran kinerja yang terfokus pada kinerja keuangan, pada kenyataannya hal ini belum dapat menggambarkan keadaan perusahaan yang sebenarnya. Agar dapat menghadapi persaingan dan memenuhi tuntutan masyarakat, diperlukan pengelolaan strategik dengan menggunakan Balanced Score Card sebagai pengukuran kinerja PT. Poliplas Makmur Santosa Ungaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan apabila diukur dengan menggunakan pendekatan Balanced Score Card. Balanced Score Card adalah merupakan pengukuran kinerja yang menilai kinerja perusahaan dengan melihat empat perspektif, yaitu : 1) Perspektif Keuangan 2)Perspektif Pelanggan 3) Perspektif Proses Bisnis Internal 4)Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase dan analisis rasio dengan langkah membandingkan kinerja perusahaan dengan standar kriteria rasio.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dianalisis dengan menggunakan pendekatan Balanced Score Card secara keseluruhan menunjukkan hasil jelek. Apabila dilihat dari masing- masing perspektif, untuk perspektif keuangan termasuk kategori jelek. Current ratio dan quick ratio yang dicapai perusahaan pada tahun 2006 berada diatas standar rata-rata. Untuk perspektif pelanggan menunjukkan hasil yang bagus untuk kepuasan pelanggan, namun untuk pangsa pasar dan customer acquisition belum memenuhi standar rata-rata.
Untuk perspektif internal bisnis ditunjukkan dengan persentase produk cacat yang masih tinggi, belum memenuhi standar rata- rata. MCE yang dicapai perusahaan masih rendah, berada dibawah standar rata-rata. Untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan hasil jelek. Karyawan tidak merasa puas dengan perusahaan tempat mereka bekerja. Selain itu, perusahaan belum dapat mempertahankan karyawan yang diminati perusahaan, hal ini ditunjukkan dengan retensi karyawan yang belum memenuhi standar rata-rata. Sedangkan produktivitas karyawan menunjukkan bahwa produktivitas yang dicapai perusahaan pada tahun 2006 termasuk kategori jelek.

Download

EVALUASI KINERJA BISNIS DENGAN PENDEKATAN KONSEP BALANCED SCORECARD PADA PT. POLIPLAS MAKMUR SANTOSA UNGARAN , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets