FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA PEMBUATAN GENTENG (Studi Pada Perusahaan Genteng Malindo Sokka Kebumen)

This item was filled under [ Kesehatan Masyarakat ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT : FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA PEMBUATAN GENTENG (Studi Pada Perusahaan Genteng Malindo Sokka Kebumen)

Tri Adi Widodo . 2007. Skripsi JURUSAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2007

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dari hasil survey pendahuluan pada 20 karyawan, 40% (8 karyawan) mengalami restriksi sedang, keluhan batuk dan sesak napas pada bagian pembakaran serta karyawan tidak menggunakan masker. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kapasitas vital paru (KVP) karyawan perusahaan genteng Malindo Sokka Kebumen.

Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survei dan pendekatan cross sectional. Populasi studi dalam penelitian adalah seluruh karyawan perusahaan genteng Malindo Sokka Kebumen. Sampel yang diambil sebanyak 41 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah spirometer hutchinson, timbangan injak, microtoice, dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik uji chi square dengan derajat kemaknaan (a = 0,05).
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara penggunaan masker (p=0,04) dan kebiasaan olah raga (p=0,04) dengan kapasitas vital paru karyawan. Dan tidak ada hubungan antara masa kerja (p=0,43), umur (p=0,37), jenis kelamin (p=0,29), riwayat penyakit (p=0,29), riwayat penyakit (p=0,22), kebiasaan merokok (p=0,22) dan status gizi (p=0,27) dengan kapasitas vital paru karyawan perusahaan genteng Malindo Sokka Kebumen.
Saran yang yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini bagi karyawan adalah 1). Perlunya penggunaan masker saat bekerja dan peningkatan kebiasaan olah raga bagi karyawan guna menghindari gangguan kesehatan pada sistem pernapasan, 2). Sebaiknya selalu ada pemantauan kesehatan oleh pihak perusahaan secara berkala. Saran bagi civitas akademika adalah hendaknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai paparan debu pada karyawan perusahaan genteng dengan menggunakan variabel yang lain misalnya dengan kadar debu.

Download

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA PEMBUATAN GENTENG (Studi Pada Perusahaan Genteng Malindo Sokka Kebumen) , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets