FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU DI KELURAHAN GUBUG KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2006

This item was filled under [ Kesehatan Masyarakat ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi JURUSAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT : FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU DI KELURAHAN GUBUG KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2006

Atin Widiastuti . Skripsi JURUSAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT .FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN ,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Faktor-Faktor apa sajakah yang berhubungan dengan partisipasi kader dalam kegiatan posyandu di Kelurahan Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan partisipasi kader dalam kegiatan posyandu di Kelurahan Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan kader posyandu di Kelurahan Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dengan jumlah kader 60 orang. Sampel yang diambil sejumlah 52 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling dengan cara undian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) angket dan 2) Lembar observasi rata-rata cakupan D/S. Data yang diperoleh dalam penelitian diolah dengan uji statistik fisher dengan a 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa p value dari beberapa faktor yang diteliti sebagai berikut: 1) Pengetahuan kader tentang posyandu ( p value=0,497), 2) Lama kerja kader (p value=0,057), 3) Jam kerja kader (p value=0,253), 4) Pemberian insentif (p value=0,378), 5) Jumlah kader (p value=0,051), 6)Ketersediaan alat dan bahan (p value=0,739), 7) Seleksi (p value=0,299), 8)Pembinaan kader (p value=0,178), 9) Frekuensi pertemuan kader(p value=1,000). Kesimpulannya p value lebih dari 0,05.
Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan tidak ada hubungan yang signifikan antara faktor-faktor dengan partisipasi kader dalam kegiatan posyandu di Kelurahan Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun 2006.
Beberapa saran berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah masih perlunya dilakukan pelatihan ulang kader dan diharapkan juga bagi kader yang belum lama menjadi kader posyandu agar dapat lebih meningkatkan keaktifannya dalam kegiatan posyandu sehingga kelangsungan kegiatan posyandu dapat terus dipertahankan.

Download

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU DI KELURAHAN GUBUG KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2006, 4.9 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets