FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ) TAHUN 2003-2005

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan Akuntansi : FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ) TAHUN 2003-2005

DEDY SETYO ADI WIBOWO . 2006.Skripsi, Jurusan Akuntansi FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMRANG 2006

Struktur modal merupakan pembelanjaan permanen yang mencerminkan perimbangan modal sendiri (Riyanto,2001:22). Struktur modal sangat penting bagi menejer keuangan untuk menentukan keputusan dalam pendanaan. Untuk itu perlu memperhatikan struktur modal dalam menentukan apakah kebutuhan dana perusahaan dengan modal sendiri ataukah dipenuhi dengan modal asing.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis, profitabilitas dan Struktur kepemilikan terhadap stuktur modal secara simultan pada perusahaan manufaktur go public? dan (2) Untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Resiko Bisnis, Pertumbuhan Aktva, profitabilitas dan Struktur Kepemilikan terhadap stuktur modal secara parsial berpengaruh pada perusahaan manufaktur go public? Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur go public, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 perusahaan dengan menggunakan metode Cluster Proportional random sampling. Variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah struktur modal, sedangkan variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah Ukuran Perusahaan (X1), Risiko Bisnis (X2), Pertunbuhan Aktiva (X3), profitabilitas (X4) dan Struktur kepemilikan (X5). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Metode analisis datanya adalah analisis statistik dan asumsi klasik. Melalui analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = -510,074 + 46,209 X1 + 0,138 X2 + 1,314 X3 – 2,323 X4 + 0,584 X5 koefisien determinasi (R2) = 0,350 dan koefisien determinasi parsial (r2) Ukuran Perusahan sebesar 28,4 %, Risiko Bisnis sebesar 0,078 %, Pertumbuhan Aktiva sebesar 25,3 %, profitabilitas sebesar 17,14 %.dan Struktur kepemilikan sebesar 4,88 %.
Dari hasil uji F dapat disimpulkan bahwa secara simultan atau secara bersama-sama Ukuran Perusahan, Risiko Bisnis, Pertumbuhan Aktiva profitabilitas dan Struktur kepemilikan berpengaruh terhadap struktur modal sebesar 0,045 < 0,05. Sedangkan secara parsial Ukuran Perusahaan 0,004 < 0,05 Resiko Bisnis 0,891 > 0,05 secara signifikan tidak berpengaruh terhadap struktur modal, Pertumbuhan aktiva 0,006 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, profitabilitas 0,032 < 0,05 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan struktur kepemilikan 0,268 > 0,05 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal.
Berdasakan Penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa Ukuran perusahaan, Risiko bisnis, Pertumbuhan aktiva, Profitabikitas dan Struktur kepemilikan secara Simultan berpengaruh terhadap struktur modal sebesar 35 % dan sissnya sebesar 65 % secara parsial yang berpengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan aktiva dan profitabilitas dipengaruhi faktor lain sehingga menejer harus mempertimbangkan ketiga faktor tersebut dalam mengambil keputusan.

Download

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ) TAHUN 2003-2005 , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets