FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU TUKANG OJEK DI ALUN-ALUN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG BULAN MARET TAHUN 2007

This item was filled under [ Kesehatan Masyarakat ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT : FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU TUKANG OJEK DI ALUN-ALUN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG BULAN MARET TAHUN 2007

Hanida Trisnawati. 2006. Skripsi JURUSAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT ,FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN ,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan kapasitas vital paru tukang ojek di Alun-alun Ungaran Kabupaten Semarang bulan Maret tahun 2007. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kapasitas vital paru tukang ojek di Alun-alun Ungaran Kabupaten Semarang bulan Maret tahun 2007.

Jenis penelitian ini adalah explanatory reseach (penelitian penjelas) dengan menggunakan pendekatan crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tukang ojek yang mempunyai kartu keanggotaan sebagai tukang ojek di 4 pangkalan ojek Alun-alun Ungaran Kabupaten Semarang yang berjumlah 127 orang. Sampel yang diambil berjumlah 80 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampel acak terstratifikasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, spirometer Hutchinson, timbangan injak, dan mikrotois. Data primer diperoleh melalui wawancara, pengukuran kapasitas vital paru, pengukuran berat badan dan tinggi badan. Data sekunder diperoleh melalui dokumen-dokumen yang ada pada organisasi tukang ojek dan data tukang ojek di alun-alun Ungaran Kabupaten Semarang. Data yang dieroleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan statistik uji chi-square dengan tingkat kemaknaan =0,05.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan yang bermakna antara kebiasaan merokok dengan kapasitas vital paru (p= 0,002) dan riwayat penyakit paru dengan kapasitas vital paru (p= 0,012). Tidak ada hubungan yang bermakna antara kebiasaan olah raga (p=0,150) dengan kapasitas vital paru, status gizi dengan kapasitas vital paru (p= 0,272), pemakaian APD (pernafasan) dengan kapasitas vital paru (p= 0,729), dan masa kerja dengan kapasitas vital paru (p= 0,689).
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dianjurkan adalah 1) Perlu peningkatan kesadaran tukang ojek untuk mengurangi kebiasaan merokok, misalnya mengganti rokok dengan mengkonsumsi permen yang beraroma cengkeh, 2) Jika terjadi keluhan paru dan pernafasan berkepanjangan, seperti batuk atau sesak nafas hendaknya tukang ojek segera berkonsultasi atau memeriksakan diri ke Puskesmas atau dokter ahli, bila diperlukan dapat menjalani pemeriksaan berkala sehingga dapat membantu tindakan pencegahan, 3) Bagi Civitas Akademika, hendaknya dapat diteruskan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan kapasitas vital paru tukang ojek dengan menghubungkan variabel pencemaran udara.

Download

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU TUKANG OJEK DI ALUN-ALUN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG BULAN MARET TAHUN 2007, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

2 Comments on “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU TUKANG OJEK DI ALUN-ALUN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG BULAN MARET TAHUN 2007”

  • 20 May, 2014, 5:51

    permisi boleh saya copy link ga untuk website saya?
    tapi disertai dengan link sumber’y juga. boleh kah?

  • admin
    13 June, 2014, 8:48

    Boleh saja. Silahkan. :)

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets