FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ETNIS CHINA-NON MUSLIM MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH

This item was filled under [ Manajemen dan Keuangan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (24 votes cast)

Tesis Manajemen Keuangan : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ETNIS CHINA-NON MUSLIM MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMASARAN (STUDY KASUS : PT Bank Syari’ah Mega Indonesia)


Ratu Humaemah
7104091105
PROGRAM PASCA SARJANA
KAJIAN TIMUR TENGAH
EKONOMI KEUANGAN SYARI’AH
UNIVERSITAS INDONESIA

Kembalinya sistem ekonomi syari’ah telah menjadi alternatif bagi masyarakat yang sudah jenuh dengan sistem ekonomi kapitalis, sebuah sistem ekonomi yang sudah lama mendunia yang selalu mengutamakan kekayaan pribadi berdampak pada ketidakmerataan distribusi  kekayaan sehingga banyak terjadi kesengsaraan. Berkembangnya praktik ekonomi syariah di Indonesia ditandai dengan banyaknya lembaga-lembaga keuangan syari’ah seperti perbankan syari’ah, asuransi syari’ah, dan lainnya. Salah satu perusahaan perbankan yang mengaplikasikan sistem syari’ah yakni PT Bank Syari’ah Mega Indonesia. Dalam perjalanannya, pertumbuhan nasabah cukup signifikan. Fenomena menarik, ketika sebagian masyarakat Muslim masih memperdebatkan sistem perbankan Syariah (tanpa bunga), justru pada PT. Bank Syariah Mega Indonesia, kalangan non Muslim beramai-ramai menikmati produk bank tersebut. Mayoritas dari mereka adalah etnis keturunan Cina (Tionghoa). Mereka adalah pedagang dan pebisnis yang menguasai perputaran uang di negeri ini dan berjiwa kapitalisme.

Sebanyak ± 42% nasabah PT Bank Syariah Mega Indonesia adalah kalangan Cina non Muslim, dan sebagian besar adalah orang-orang Katolik, pengurus yayasan Kristen, dimana citra Islam dalam pandangan mereka terkesan angker, Islam adalah kelompok garis yang keras dan menakutkan. Kenyataan ini patut hargai, karena tidaklah mudah menarik nasabah dari kalangan Cina non-Muslim yang berjiwa bisnis dan mempunyai akar yang kuat pada sistem kapitalisme. Namun demikian, mereka memiliki ajaran yang sama mengenai pelarangan riba (bunga).

Karakteristk budaya China yang kurang bisa bekerjasama, dan jiwa kapitalisme yang lazim melekat pada kalangan Cina non-muslim, sewajarnya menjadikan Bank Konvensional yang memiliki sistem kapitalis sebagai sarana investasi yang menjanjikan. Namun kenyataannya, pada Bank Syari’ah Mega Indonesia sebagian besar nasabahnya terdiri atas China non-muslim. Keputusan etnis China non muslim tersebut menjadi nasabah Bank Syari’ah Mega Indonesia dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal maupun internal. Berdasarkan faktor-faktor tersebut, manakah yang paling dominan mempengaruhi keputusan etnis China non-muslim menjadi nasabah Bank Syari’ah Mega Indonesia, apakah terkait dengan atribut-atribut syari’ah? Maksudnya, apakah keputusan mereka responden menggunakan jasa Bank Syari’ah karena faktor-faktir yang terkait dengan atribut syariah?

Penelitian ini terutama menggagas kemungkinan penerapan strategi pengembangan perbankan Syariah melalui peningkatan fokus perhatian pada potensi nasabah dari kalangan Cina non Muslim PT Bank Syariah Mega Indonesia yang merupaka nasabah rasional

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini
Download di sini

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ETNIS CHINA-NON MUSLIM MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH , 5.0 out of 5 based on 24 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets