Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran IPS Ekonomi

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (30 votes cast)

skripsi jurusan ekonomi: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran IPS Ekonomi

Heny Sulistyowati.2006. Skripsi ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Kesulitan belajar mata pelajaran IPS Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 36 Semarang dipengaruhi oleh berbagai faktor : faktor biologis, faktor psikologis, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Namun kebenaran argumen ini perlu dibuktikan dengan adanya penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran IPS Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 36 Semarang Tahun 2005/2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kesulitan belajar mara pelajaran IPS Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 36 Semarang Tahun 2005/2006.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 36 SemarangTahun 2005/2006 sejumlah 303 siswa. Sampel yang diambil sejumlah 173 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengkaji satu (1) variabel, yaitu Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Semarang Tahun 2005/2006. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis faktor dengan menggunakan software SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh (7) faktor yang erpengaruh terhadap kesulitan belajar mata pelajaran IPS Ekonomi. Ketujuh faktor tersebut adalah: (1) sarana dan prasarana belajar di rumah, (2) dukungan sekolah, (3) minat siswa, (4) dukungan keluarga, (5) perhatian siswa, (6) kondisi jasmani siswa, an (7) guru. Ketujuh faktor ini memiliki pengaruh yang besar terhadap kesulitan belajar mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Semarang. Halini ditunjukkan dengan koefisien varian sebesar 63,706%. Dalam hal ini berarti faktor-faktor yang dikemukakan dalam penelitian ini mempu menjelaskan besarnya pengaruh terhadap kesulitan belajar mata pelajaran IPS Ekonomi sebesar 63,706% sedangkan sisanya 36,294% merupakan faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Dari ketujuh faktor yang ada, faktor sarana dan prasarana belajar dirumah mempunyai pengaruh yang paling besar dengan koefisien varian 26,190%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang dikemukakan merupakan hal yang penting bagi semua pihak yang terkait dalam proses belajar dan pembelajaran. Besarnya pengaruh dari faktor-faktor yang adahendaknya dapat memacu semua pihak yang terkait untuk mengoptimalisasikan keberadaan dan manfaat dari berbagai faktor yang ada sehingga kesulitan belajar mata pelajaran IPS Ekonomi dapat diatasi

Download

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran IPS Ekonomi, 4.9 out of 5 based on 30 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets