Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Memilih Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang.

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Memilih Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang.

Meryna Cardina. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Dalam memilih suatu prodi ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan olehmahasiswa, salah satunya adalah prestasi belajar dan dunia kerja. Namun, keberadaanargumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar dapat diperolehjawaban yang akurat.

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Faktor-faktorapa sajakah yang mempengaruhi mahasiswa Jurusan Ekonomi memilih ProdiPendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang.Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhimahasisiwa Jurusan Ekonomi memilih Prodi Pendidikan Ekonomi AdministrasiPerkantoran di Universitas Negeri Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FIS UNNES Prodi PendidikanEkonomi Administrasi Perkantoran angkatan tahun 2001-2004 yang berjumlah 189mahasiswa. Pengambilan sampel yang berjumlah 130 mahasiswa dilakukan denganteknik proporsional random sampling. Dalam penelitian ini variabel tidakdikelompokan menjadi variabel bebas dan variabel terikat, sebaliknya sebagaipenggantinya seluruh set hubungan interdependent antar variabel diteliti.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data yang dikumpulkandianalisis dengan teknik analisis faktor.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 8 (delapan) faktor yangmempengaruhi pemilihan Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran yaitu :1) bakat dan minat dengan indikator antara lain tingkat intelegensi yang dimiliki,keterampilan yang dimiliki, pengembangan potensi diri, ketertarikan terhadap matakuliah tertentu, latar belakang pendidikan sebelumnya, ketertarikan terhadap suatupekerjaan, (2) dunia kerja dengan indikator antara lain status sosial yang diharapkan,gaji yang diharapkan, prospek karir dari suatu pekerjaan di masa depan, mata kuliahyang diberikan, peluang kerja yang diharapkan (3) sarana dan prasarana denganindikator antara lain keadaan ruang kuliah, jumlah laboratorium yang dimiliki,jumlah peralatan yang dimiliki (4) lingkungan sosial dengan indikator antara lainpandangan orang tua terhadap suatu pekerjaan, jumlah teman yang memilih suatuprodi, pandangan teman terhadap suatu prodi, pandangan teman terhadap suatupeerjaan (5) kapasitas prodi dengan indikator antara lain daya tampung prodi, jumlahpeminat, (6) motivasi belajar dengan indikator antara lain penetapan pilihan prodi,cita-cita yang dimiliki, semangat belajar, (7) mata kuliah dengan indikator antra laintingkat kesulitan mata kuliah, jumlah mata kuliah, (8) proses pekuliahan denganindikator antara lain kondisi perkuliahan.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat 8(delapan) faktor baru yang terbentuk dari berbagai item/indikator pemilihan prodiyaitu : (1) bakat dan minat dengan indikator antara lain tingkat intelegensi yangdimiliki, keterampilan yang dimiliki, pengembangan potensi diri, ketertarikanterhadap mata kuliah tertentu, latar belakang pendidikan sebelumnya, ketertarikanterhadap suatu pekerjaan, (2) dunia kerja dengan indikator antara lain status sosialyang diharapkan, gaji yang diharapkan, prospek karir dari suatu pekerjaan di masadepan, mata kuliah yang diberikan, peluang kerja yang diharapkan (3) sarana danprasarana dengan indikator antara lain keadaan ruang kuliah, jumlah laboratoriumyang dimiliki, jumlah peralatan yang dimiliki (4) lingkungan sosial dengan indikatorantara lain pandangan orang tua terhadap suatu pekerjaan, jumlah teman yanmemilih suatu prodi, pandangan teman terhadap suatu prodi, pandangan temanterhadap suatu pekerjaan (5) kapasitas prodi dengan indikator antara lain dayatampung prodi, jumlah peminat, (6) motivasi belajar dengan indikator antara lainpenetapan pilihan prodi, cita-cita yang dimiliki, semangat belajar, (7) mata kuliahdengan indikator antara lain tingkat kesulitan mata kuliah, jumlah mata kuliah, (8)proses pekuliahan dengan indikator antara lain kondisi perkuliahan. Faktor yangmemiliki kontribusi atau sumbangan terbesar terhadap keputusan untuk memilih ProdiPendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran adalah faktor bakat dan minat dengankontribusi sebesar 26,324%

Dengan hasil penelitian ini diharapkan pada pihak Jurusan Ekonomi untukmenambah sarana dan prasarana yang ada, baik dari segi mutu maupun jumlahnyademi untuk mempersiapkan mahasiswa di dunia kerja nanti. Bagi mahasiswa, sebelummemutuskan pilihan terhadap suatu prodi hendaknya perlu dipertimbangkan sebaikbaiknya.Pilihlah prodi yang sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan yangmenjanjikan peluang kerja dan prospek karir yang bagus di kemudian hari.

Download

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Memilih Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang., 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets