FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRASWASTA (STUDI DESKRIPTIF PADA USAHAWAN RENTAL KOMPUTER DI SEKARAN GUNUNG PATI SEMARANG)

This item was filled under [ Psikologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi psikologi: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRASWASTA (STUDI DESKRIPTIF PADA USAHAWAN RENTAL KOMPUTER DI SEKARAN GUNUNG PATI SEMARANG)

Erlita Dhiah Utami , 2007. skripsi psikologi, Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat berwiraswasta dan faktor apa yang paling mempengaruhi minat berwiraswasta usahawan rental komputer.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan studi populasi dengan karakteristik pemilik rental komputer dan telah terdaftar sebagai anggota PERSEBA (Persatuan Rental Sekaran Banaran).
Metode penelitian dengan menggunakan angket faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwiraswasta, skala dan teknik wawancara sebagai pelengkap. Analisis validitas menggunakan product moment dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata faktor yang mempengaruhi minat berwiraswasta pada kategori tinggi yaitu 76,45 %. Faktor inovasi yang tertinggi mempengaruhi minat berwiraswasta yaitu mencapai 83,27 %. Selanjutnya kebutuhan berprestasi dengan 82,66 pada taraf tinggi. Kemampuan berempatisebanyak 82,34 %. Faktor keempat yaitu kepercayaan diri dengan 81,38 %. Kemudian faktor selanjutnya yaitu sikap keterbukaan sebanyak 81,21 %. Motif untuk bekerja memberi pengaruh sebanyak 80,48 %. Selanjutnya yaitu faktor komitmen pribadi dengan 79,52 % dan pengambil resiko pada tingkat persentase 79,44%. Wiraswasta yang memilih motif untuk kreatif menunjukkan 78,63 % pada kategori tinggi. Berikutnya 78,30 yaitu pengendalian diri pada kategori tinggi. Kebutuhan akan kepemimpinan dengan 77,00 % pada kategori tinggi. Kemudian kemampuan memasarkan usaha menunjukkan 76,00 % yang berminat. Selanjutnya 75,16% yaitu kemampuan adaptif. Interaksi dalam keluarga berpengaruh sebanyak 74,00 %. Kemampuan bersaing menunjukkan persentase yang tidak rendah pula dengan 73,11 %. Sedangkan berorientasi pada tugas menunjukkan 73,00 %. Rekan kerja sebanyak 71,45% pada kategori tinggi. Tingkat kemandirian mempengaruhi sebanyak 70,77 pada kategori tinggi, berorientasi masa depan menunjukkan 69,95 % pada taraf sedang. Kondisi fisik lingkungan 69,20 % pada kategori sedang. Serta yang terakhir yaitu kondisi sosial ekonomi menunjukkan 67,40 % pada kategori sedang.
Kenyataan di lapangan menunjukkan usahawan tertarik untuk berinovasi dengan memperbaiki pelayanan dengan menambah pengalaman melalui seminar-seminar, mengikuti kursus untuk meningkatkan keahlian, persewaan komputer dan jasa olah data. Hasil tersebut menunjukkan usahawan rental komputer di Sekaran mampu mengelola faktor-faktor tersebut sehingga berpengaruh positif sebagai motivator ke arah yang lebih baik untuk dapat terus meningkatkan usahanya.
Hasil penelitian menyarankan agar melalui penelitian ini diharapkan usahawan dapat lebih meningkatkan motivasi untuk berorientasi ke depannya dan bagi peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan kekurangan-kekurangan bagi penelitian selanjtnya.

Download

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRASWASTA (STUDI DESKRIPTIF PADA USAHAWAN RENTAL KOMPUTER DI SEKARAN GUNUNG PATI SEMARANG), 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets