Faktor-faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Pada Saham LQ 45 di Bursa Efek Jakarta Tahun 2000-2002

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Tugas akhir akuntansi : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Pada Saham LQ 45 di Bursa Efek Jakarta Tahun 2000-2002

Parwati Setyorini. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Pasar modal merupakan salah satu tempat bertemunya antara investordan pihak yang memerlukan dana. Investor memerlukan laporan keuangan untukmenganalisis perusahaan yang membutuhkan dana. Dalam menganalisis hargasaham, investor dapat menggunakan analisis teknikal dan analisis fundamental.Analisis teknikal merupakan analisis yang menggambarkan keadaan pasar modalmenggunakan media grafik dan chart. Sedangkan Analisis fundamentalmerupakan analisis yang menggunakan unsur-unsur laporan keuangan dalammenilai suatu harga salam. Salah satu alat yang digunakan dalam analisisfundamental adalah Price Earning Ratio (PER). Dividend Pay out Ratio (DPR)merupakan proporsi laba yang dibagikan sebagai deviden pemegang saham.Earning Growth (EG) merupakan pertumbuhan laba tahun sekarang dengan tahunsebelumnya. Variance of Earning Growth (VEG) merupakan ukuran risiko daritingkat pertumbuhan laba per lembar saham. Return on Equity (ROE) merupakanratio antara laba bersih dengan modal saham dan Financial Leverage (FL)erupakan suatu cara perusahaan membiayai aktivanya yang berasal dari hutang.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah DPR, EG,VEG, ROE, dan FL berpengaruh terhadap tingkat perubahan PER baik secaraparsial maupun simultan pada perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Jakarta. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel DPR, EG, VEG, ROE, dan FLsecara parsial dan untuk mengetahui pengaruh DPR, EG, VEG, ROE, dan FLsecara simultan.

Populasi Penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang masuk dalamkategori saham LQ 45 Di Bursa Efek Jakarta selama tahun 2000-2002 sebanyak66 perusahaan. Berdasarkan kriteria sampling yang telah ditentukan diperolehsampel sebanyak 14 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metodedokumentasi dan metode kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakanadalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan DPR, EG, VEG, ROE, dan FL secarabersama-sama mempengaruhi PER sebesar 44,3% dan sisanya dipengaruhi olehfaktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Hal ini ditunjukkan dari nilaiR2 sebesar 0,443 dan nilai Fhitung>Ftabel (5,734 > 2,44) dengan tarafsignifikansi0,001 (kurang dari 0,05). Secara parsial DPR dan VEG berpengaruhterhadap PER. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung DPR sebesar 2,199 padataraf signifikansi sebesar 0.034. Sedangkan VEG ditunjukkan dengan nilai thitungsebesar 3,97 dan taraf signifikansi sebesar 0,00. Untuk perusahaan disarankandalam mencari tambahan modal dengan menggunakan utang hendaknyamemperhatikan risiko yang mungkin akan diterima. Untuk investor disarankanuntuk mempertimbangkan DPR dan VEG dalam memprediksi harga saham. Danuntuk penelitian mendatang diharapkan memperhatikan faktoir fundamental yanglain, karakteristik perusahaan selain LQ 45, memperpanjang periode penelitianserta memperbesar sampel.

Download

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Pada Saham LQ 45 di Bursa Efek Jakarta Tahun 2000-2002, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets