Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Memilih Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang

This item was filled under [ administrasi perkantoran ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan administrasi perkantoran: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Memilih Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang

Fitriani, Ratna. 2005. Skripsi administrasi perkantoran, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Perkembangan IPTEK dan arus globalisasi yang semakin maju menuntut pula perubahan di segala bidang, termasuk di bidang dunia kerja. Persyaratan untuk masuk dunia kerja semakin sulit, tidak sekedar tingkat pendidikan yang tinggi saja, tetapi juga keahlian. Hal ini harus diperhatikan SMK sebagai salah satu lembaga pendidikan, di mana salah satu usahanya adalah pembukaan program keahlian-program keahlian yang di butuhkan oleh dunia kerja. Salah satu program keahlian yang ada di SMK Negeri 9 Semarang adalah program keahlian Administrasi Perkantoran. Program keahlian Administrasi Perkantoran termasuk program keahlian yang diminati oleh siswa, dan menduduki peringkat ke-2 setelah program keahlian akuntansi disusul program keahlian penjualan. Di mana setiap siswa mempunyai pertimbangan-pertimbangan yang berbeda di dalam memilih suatu program keahlian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang mempengaruhi siswa memilih program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi siswa memilih program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMK Negeri 9 Semarang yang masuk di program keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 121 siswa. Sedangkan untuk sampel dipakai tekhnik proporsional random sampling dan didapat 93 siswa. Variabel yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi siswa memilih program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang adalah sebayak 35 variabel, di mana setelah dihitung validitas dan realibilitasnya didapat 30 variabel baru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data digunakan analisis faktor yaitu analisis yang digunakan untuk mereduksi data/variabel yang banyak diubah menjadi variabel yang jumlahnya sedikit. Berdasarkan analisis faktor, dari 30 variabel terdapat 6 faktor baru yang terbentuk dan 11 variabel yang harus direduksi. Enam faktor baru yang terbentuk adalah yaitu (1) faktor dunia, (2) faktor motivasi belajar, (3) faktor kompetensi yang dimiliki oleh siswa, (4) faktor fasilitas yang dimiliki oleh pihak sekolah, (5) faktor lingkungan sosial, dan (6) faktor kapasitas program keahlian. Sumbangan atau kontribusi dari setiap faktor adalah sebagai berikut : (a) dunia kerja memiliki kontribusi sebesar 28,567%, (b) motivasi belajar memiliki kontribusi sebesar 9,583%, (c) kompetensi yang dimiliki siswa memiliki kontribusi sebesar 9,090%, (d) fasilitas sekolah memiliki kontribusi sebesar 7,819%, (e) lingkungan sosial memiliki kontribusi sebesar 6,639%, (f) kapasitas program keahlian memiliki kontribusi sebesar 5,514%. Faktor yang memberikan kontribusi terbesar dalam pemilihan Program Keahlian
Administrasi Perkantoran adalah faktor dunia kerja yaitu sebanyak 28,567%. Sedangkan sumbangan yang terkecil diberikan oleh kapasitas program keahlian yaitu sebesar 5,514%. Sedangkan 11 variabel yang direduksi yaitu variabel minat untuk masuk program keahlian Administarsi Perkantoran, kualitas guru, ketrampilan yang dimiliki, tingkat bonafiditas program keahlian Administrasi Perkantoran, pandangan orang tua terhadap pendidikan siswa, mata diklat yang diajarkan, dorongan orang tua,
sikap teman-teman sebaya dan kondisi ruangan yang digunakan untuk kegiatan belajar dan mengajar
Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan pihak sekolah dapat menambah jumlah kelas untuk program keahlian AP, terbinanya hubungan yang baik antara siswa dengan pihak sekolah, misalnya pemberian mata diklat yang disesuaikan dengan IPTEKS, pemakaian guru-guru yang berkualitas dll. Selain itu, juga terbinanya hubungan yang baik antara siswa dengan lingkungan di sekitarnya, misalnya pemberian support/dorongan orang tua terhadap anak dan hubungan yang harmonis siswa dengan teman-teman sebayanya. Hal yang terpenting adalah adanya semangat/motivasi yang kuat yang beasal dari siswa itu sendiri, karena siswa akanlebih optimal dalam melakukan sesuatu jika mempunyai kekuatan yang berasal adari dirinya sendiri.

Download

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Memilih Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets