Faktor Geografis yang Mendorong Budidaya Ikan Bandeng di Desa Bakaran Kulon Kecamatan Juwana Kabupaten Pati.

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan geografi : Faktor Geografis yang Mendorong Budidaya Ikan Bandeng di Desa Bakaran Kulon Kecamatan Juwana Kabupaten Pati.

Kundi Ariyanto. 2005. Jurusan geografi , Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Faktor Geografis adalah jenis faktor alam yang merupakan pertalian langsung atautidak langsung dengan kehidupan manusia dalam arti memberikan fasilitasfasilitasuntuk menghuni di permukaan bumi sebagai wilayah.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Fakto-faktorgeografi apa yang mendorong petani tambak di Desa Bakaran Kulonmembudidayakan ikan bandeng?, (2) Bagaimana kondisi fisik lahan tambak ikanbandeng di Desa Bakaran Kulon? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahuifaktor-faktor geografis apa saja yang menyebabkan petani tambak di DesaBakaran Kulon membudidayakan ikan bandeng, (2) Untuk mengetahui bagaimanakondisi fisik tambak ikan bandeng di Desa Bakaran Kulon Kecamatan JuwanaKabupaten Pati.

Populasi dalam penelitian ini adalah: (1) Seluruh petani tambak di DesaBakaran Kulon yang mempunyai lahan tambak sendiri, (2) Seluruh petak tambakyang ada di Desa Bakaran Kulon Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Variabelpenelitian ini meliputi: (1) Faktor kondisi fisik, yaitu iklim, kondisi tanah, dankondisi air; (2) Faktor kondisi sosial ekonomi, yaitu tenaga kerja, prasarana jalan,ketersediaan benih, pemasaran, permodalan, hasil produksi, penghasilan, dangangguan penyakit. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primerdan data skunder, sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan datayaitu metode dokumentasi, metode observasi, metode wawancara, dan metodeangket. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha pembudidayaan ikan bandengdi Desa Bakaran Kulon Kecamatan Juwana Kabupaten Pati ini didukung olehkondisi fisik (kondisi tanah dan kondisi air) yang sesuai untuk dijadikan lahantambak, khususnya tambak ikan bandeng. Tanah tambak bertekstur lempung(clay) dan memiliki pH antara 8,0 – 8,5. Air tambak di Desa Bakaran Kulonmemilik suhu antara 30,4ºC – 33,7ºC dan pH antara 7,5 – 8,2. Sedangkan kadargaram atau salinitas air berkisar antara 50,60 – 76,43 ppt. Selain kondisi fisik,kondisi sosial ekonomi di Desa Bakaran Kulon juga mendukung pelaksanaanusaha budidaya ikan bandeng, antara lain kemudahan mendapatkan tenaga kerjayang sudah berpengalaman mengelola tambak, tersedianya tempat pemasaran,kemudahan mendapatkan benih, dan hasil produksi serta pendapatan yang cukupinggi tiap tahunnya.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor geografisyang mendorong pembudidayaan ikan bandeng di Desa Bakaran Kulon inimeliputi faktor kondisi fisik dan kondisi sosial ekonomi. Faktor fisik yagmenodorong pelaksanaan budidaya ikan bandeng di Desa Bakaran Kulon adalahkarakteristik fisik lahan yang sesuai dengan ketentuan syarat hidup ikan bandeng.Sedangkan faktor sosial ekonomi yang mendukung budidaya ikan bandeng adalahmeliputi kemudahan mendapatkan tenaga kerja, kemudahan mendapatkan benihikan, kemudahan dalam memasarkan hasil produksi, serta hasil produksi yangcukup tinggi setiap musim. Faktor lain yang menjadikan petani tambak di DesaBakaran Kulon ini tetap membudidayakan ikan bandeng adalah sifat unggul ikanbandeng yang tahan terhadap perubahan kadar garam yang besar.

Saran yang disampaikan dalam penelitian ini yaitu perlu adanya berbagailangkah antisipasi dalam rangka mempertahankan dan mengembangkan usahabudidaya ikan bandeng. Selain itu, untuk menanggulangi resiko gangguanpenyakit pada ikan bandeng, perlu adanya tindakan yang terpadu dan berorientasipada perbaikan kualitas air. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikansumbangan bagi Pemerintah Kabupaten Pati dalam upaya pengembangan potensiperikanan, khususnya perikanan darat.

Download

Faktor Geografis yang Mendorong Budidaya Ikan Bandeng di Desa Bakaran Kulon Kecamatan Juwana Kabupaten Pati., 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets