Forecasting Jumlah Pelanggan Koran Sore Wawasan Tahun 2005 Berdasar Hasil Promosi Di PT. Sarana Pariwara Semarang Dengan Menggunakan Metode Exponential Smoothing Berbantu Program Minitab

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi statistika terapan dan komputasi : “Forecasting Jumlah Pelanggan Koran Sore Wawasan Tahun 2005 Berdasar Hasil Promosi Di PT. Sarana Pariwara Semarang Dengan Menggunakan Metode Exponential Smoothing Berbantu Program Minitab”

Sri’ati, 2005. Skripsi Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Pemasaran hasil produk merupakan salah satu kegiatan pokok perusahaanuntuk mempertahankan kelangsungan hidup suatu produk. Karena denganmemasarkan produk tersebut perusahaan akan memperoleh pendapatan yangdigunakan untuk menutup biaya yang dikeluarkan, sehingga perusahaandiharapkan memperoleh laba. Suatu cara untuk mengukur atau memprediksikondisi bisnis dimasa yang akan datang dikenal dengan peramalan (forecasting).Dalam hal ini peramalan digunakan untuk meramal pelanggan Koran SoreWawasan di bulan-bulan tahun 2005 di PT. Sarana Pariwara Semarang denganmengggunakan metode Exponential Smoothing berbantu program Minitab.

Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana penggunaan metodeExponential Smooting untuk menghitung jumlah pelanggan Koran Sore Wawasandan bagaimana hasil forecasting jumlah pelanggan Koran Sore Wawasan di PT.Sarana Pariwara Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahuipenggunaan metode Exponential Smooting untuk menghitung jumlah pelangganKoran Sore Wawasan dan meramal berapa besar pelanggan Koran Sore Wawasandi PT. Sarana Pariwara Semarang dengan menggunakan program Minitab.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi daninterview pada bulan Maret 2005 di PT. Sarana Pariwara Semarang. Data yangdiambil adalah data jumlah pelanggan yaitu dari bulan Januari 2003 sapai denganDesember 2004. Setelah itu dilakukan analisis data untuk mengetahui hasilforecast pelanggan tahun 2005 dari data yang tersedia.

Pola pelanggan dari data yang tersedia digambarkan pada scatter diagramdan dicari persamaan garis trendnya. Dengan metode Exponential Smoothingdicari nilai peramalan, metode yang digunakan adalah Single ExponentialSmoothing dan Double Exponential Smoothing dengan a = 0,1, a = 0,3 dan a =0,9 untuk menetukan nilai Ft dan MAPE. Dalam hal ini penghitungannya denganmenggunakan bantuan Program Minitab. Menggunakan metode singleexponential smoothing diperoleh nilai MAPE dengan a = 0,1 lebih kecil biladibandingkan dengan a = 0,3 dan a = 0,9 dengan hasil peramalan di bulanJanuari 2005 sebesar 222 pelanggan. Menggunakan metode double exponentialsmoothing diperoleh nilai MAPE dengan a = 0,1 lebih kecil bila dibandingkandengan a = 0,3 dan a = 0,9 dengan hasil ramalan sebesar 255 pelanggan. Bilamembandingkan nilai MAPE-nya, metode yang tepat digunakan untukmeramalkan pelangan Koran Sore Wawasan adalah metode single exponentialsmoothing karena tingkat kesalahannya lebih kecil.

Saran yang dapat dikemukakan adalah untuk memprediksi seberapa besarpelanggan di bulan-bulan atau tahun-tahun mendatang akan lebih baik jikamencoba menggunakan forecast dengan metode yang sesuai sebagai bahanpertimbangan untuk mencari solusi dalam menambah pelanggan dan perusahaanperlu menggunakan aplikasi program komputer untuk meningkatkan efektifitaskerja.

Download

Forecasting Jumlah Pelanggan Koran Sore Wawasan Tahun 2005 Berdasar Hasil Promosi Di PT. Sarana Pariwara Semarang Dengan Menggunakan Metode Exponential Smoothing Berbantu Program Minitab, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets