FORECASTING JUMLAH PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 TAHUN 2005 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK TEGAL DENGAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Tugas Akhir statistika terapan dan komputasi : FORECASTING JUMLAH PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 TAHUN 2005 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK TEGAL DENGAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING

Bungah Primadiena. 2005. Tugas akhir statistika terapan dan komputasi jurusan matematika, Fakultas Mipa, Universitas Negeri Semarang.

Pajak merupakan sumber penerimaan negara terbesar yang digunakan untuk membiayai penbangunan dan pengeluaran rutin negara, karena 80% APBN diperoleh dari pajak. Kantor Pelayanan Pajak senantiasa berupaya mencari wajib pajak baru untuk dijadikan sebagai subyek pajak, salah satunya dapat dilihat dari jumlah penerimaan Pajak Penghasilan pasal 21. Metode statistika sebagai salah satu cabang dari matematika sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan secara ekonomis, baik di perusahaan-perusahaan maupun di kantor-kantor instansi., diantaranya adalah untuk keperluan forecasting (peramalan). Metode ramalan Exponential Smoothing merupakan salah satu metode peramalan data berkala (time series) yang digunakan sebagai model dalam ramalan.

Permasalahan dalam Tugas Akhir ini adalah berapakah prediksi atau peramalan jumlah penerimaan Pajak Penghasilan pasal 21 pada bulan Agustus 2005 ? Tujuanya adalah untuk mengetahui prediksi atau peramalan jumlah penerimaan pajak penghasilan pasal 21 pada bulan Agustus 2005

Pengambilan data dilakukan denngan observasi pada bulan Agustus 2004 di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Tegal. Data yang di ambil adalah data peneriman pajak penghasilan pasal 21 tahun 2002, 2003 dan 2004. Setelah itu dilakukan analisis data untuk menentukan metode exponential smoothing mana yang sesuai untuk forecasting data tersebut.

Untuk melihat pola data penerimaan pajak dari data yang tersedia di gambarkan pada scatter diagram dan dicari persamaan garis yang paling dekat menghampiri titik-titik di dalam diagram tersebut. Kemudian memilih metode eksponential smoothing yang tepat berdasarkan pola yang didapat dari ketiga jenis metode exponential smoothing yang ada. Setelah dilakukan analisis ternyata data berpola musiman, maka untuk forecasting penerimaan Pajak Penghasilan pasal 21 dipilih metode triple exponential smoothing dengan α = 0.1 diperoleh nilai mean absolut error paling kecil. Diperoleh forecast untuk bulan Agustus 2005 adalah Rp.3.607.503.088,-.

Saran yang diberikan adalah hendaknya Kantor Pelayanan Pajak Tegal untuk meramal jumlah penerimaan Pajak Penghasilan pasal 21 dengan menggunakan triple exponential smoothing dengan 0,1α=.

Download

FORECASTING JUMLAH PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 TAHUN 2005 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK TEGAL DENGAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets