Hubungan antara Daya Ledak Otot Tungkai, Kelentukan Pergelangan Tangan dan Tinggi Badan terhadap Hasil Tembakan Lay Up Kanan dalam Permainan Bola Basket

This item was filled under [ Olahraga ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi jurusan ilmu keolahragaan: Hubungan antara Daya Ledak Otot Tungkai, Kelentukan Pergelangan Tangan dan Tinggi Badan terhadap Hasil Tembakan Lay Up Kanan dalam Permainan Bola Basket

Awal Supangat, 2007. Skripsi ilmu keolahragaan, Fakultas ilmu olahraga, Universitas Negeri Semarang.

Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada hubungan antara daya ledak otot tungkai terhadap hasil tembakan lay up kanan?, 2) Apakah ada hubungan antara kelentukan pergelangan tangan terhadap hasil tembakan lay up kanan?, 3) Apakah ada hubungan antara tinggi badan terhadap hasil tembakan lay up kanan?, dan 4) Apakah ada hubungan secara bersama antara daya ledak otot tungkai, kelentukan pergelangan tangan dan tinggi badan terhadap hasil tembakan lay up kanan?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui hubungan antara daya ledak otot tungkai terhadap hasil tembakan lay up kanan, 2) Mengetahui hubungan antara kelentukan pergelangan tangan terhadap hasil tembakan lay up kanan, 3) Mengetahui hubungan antara tinggi badan terhadap hasil tembakan lay up kanan, dan 4) Mengetahui hubungan secara bersama antara daya ledak otot tungkai, kelentukan pergelangan tangan dan tinggi badan terhadap hasil tembakan lay up kanan.

Populasi penelitian adalah mahasiswa semester IV IKOR FIK UNNES tahun 2007 yang mengikuti mata kuliah ketrampilan bola basket yang berjumlah 58 orang, dengan rincian 28 orang dari semester IV A dan 30 orang dari semester IV B. Teknik sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah random sampling. Dari pengundian yang dilakukan didapat semester IV A muncul sebagai sampel. Variabel dalam penelitian ini yaitu daya ledak otot tungkai, kelentukan pergelangan tangan dan tinggi badan sebagai variabel bebas dan hasi tembakan lay up kanan sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan survei dengan teknik tes dan Pengukuran. Selanjutnya data yang diperoleh dari tes dan pengukuran tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana maupun ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan daya ledak otot tungkai terhadap hasi tembakan lay up kanan karena harga rhitung = 0,652 > rtabel = 0,374. Ada hubungan kelentukan pergelangan tangan terhadap hasi tembakan lay up kanan karena harga rhitung = 0,453 > rtabel = 0,374. Ada hubungan tinggi badan terhadap hasi tembakan lay up kanan karena harga rhitung = 0,574 > rtabel = 0,374. Secara bersama-sama ada hubungan daya ledak otot tungkai, kelentukan pergelangan tangan dan tinggi badan terhadap hasil tembakan lay up kanan karena hasil uji F memperoleh F hitung = 10,550 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Mengacu dari hasil tersebut penulis dapat mengajukan saran yaitu : 1) Bagi para mahasiswa IKOR semester IV A FIK UNNES tahun 2007 hendaknya selain berkonsentrasi pada latihan-latihan teknik dasar bola basket juga berlatih teknik rangkaian gerakan lay up dan meningkatkan kondisi fisiknya khususnya pada peningkatan daya ledak otot tungkai kelentukan pergelangan tangan karena terbukti dapat memberikan sumbangan berati terhadap kemampuannya dalam melakukan tembakan lay up, dan 2) Bagi pembina olahraga dapat memberikan program pembinaan secara berimbang antara latihan teknik dan latihan kondisi fisik. Selain itu dalam pemilihan pemain pelatih juga perlu memperhatikan postur tubuhnya karena terbukti memberikan andil yang besar dalam menunjang keberhasilan pemainnya dalam melakukan tembakan lay up.

Download

Hubungan antara Daya Ledak Otot Tungkai, Kelentukan Pergelangan Tangan dan Tinggi Badan terhadap Hasil Tembakan Lay Up Kanan dalam Permainan Bola Basket, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets