Hubungan Antara Kursi Kerja Dengan Timbulnya Keluhan Nyeri Pinggang Pada Pekerja Tenun Kain Sarung Di JAVA ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) Desa Kebunan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2006

This item was filled under [ Kesehatan Masyarakat ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

Skripsi. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyrakat: Hubungan Antara Kursi Kerja Dengan Timbulnya Keluhan Nyeri Pinggang Pada Pekerja Tenun Kain Sarung Di JAVA ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) Desa Kebunan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2006

Aji Wiro Pratomo, 2006. Skripsi. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyrakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Dalam pembangunan, tenaga kerja mempunyai peranan penting sebagai unsur penunjang keberhasilan pembangunan nasional. karena tenaga kerja mempunyai hubungan dengan perusahaan dan mempunyai kegiatan usaha yang produktif. Rancangan bangunan sarana yang berupa meja dan kursi kerja harus dibuat sedemikian rupa agar tercapainya keserasian antara kursi dan meja kerja dengan antropometri pekerja. Suatu penelitian dirumah sakit menyatakan bahwa sekitara 60% orang dewasa mengalami masalah nyeri pinggang bawah karena masalah duduk. Amerika Serikat lebih dari 80% Penduduk Pernah Mengalami LBP. Tujuan peneitian ini utuk mengetahui adanya hubungan antara kursi kerja dengan timbulnya keluhan nyeri pinggang pada pekerja tenun kain sarung.
Jenis penelitian ini adalah survey analitik cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja yang bekerja dibagian tenun kain sarung di JAVA ATBM sebanyak 80 orang. Jumlah sample sebanyak 33 pekerja diambil dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penealtian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dan pengukuran dengan LGS (Lingkup Gerak Sendi). Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji Chi-Square dengan derajat kemaknaan (a) = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis uji statistik didapatkan p untuk hubungan antara kursi kerja dengan timbulnya keluhan nyeri pinggang pada pekerja tenun kain sarung sebesar 0,02.
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan ada hubungan antara kursi kerja dengan timbulnya keluhan nyeri pinggang pada pekerja tenun kain sarung. Berdasarkan hasil penelitian saran yang di ajukan Sebaiknya Perusahaan memberikan kursi kerja kepada pekerja yang sesuai dengan postur tubuhnya sehingga pekerja tidak terlalu membungkuk pada saat bekerja menenun kain sarung. Bagi pekerja sebaiknya memilih kursi kerja sesuai dengan postur tubuhnya masing-masing sehingga pekerja merasa nyaman pada saat bekerja dan selalu berolah raga.

Download

Hubungan Antara Kursi Kerja Dengan Timbulnya Keluhan Nyeri Pinggang Pada Pekerja Tenun Kain Sarung Di JAVA ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) Desa Kebunan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2006, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets