HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN KEMAMPUAN AKADEMIK DENGAN PROSES PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN AJARAN 2000

This item was filled under [ Teknologi Pendidikan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (126 votes cast)

Skripsi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan : HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN KEMAMPUAN AKADEMIK DENGAN PROSES PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN AJARAN 2000

Ika Mucharofina, 2005, Skripsi Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Tujuan Penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan signifikan antara motivasi dengan proses penulisan skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan; Kedua, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan signifikan antara kemampuan akademik dengan proses penulisan skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan; Ketiga, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan secara bersama-sama antara motivasi dan kemampuan akademik dengan proses penulisan skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang tahun ajaran 2000.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang yang terdaftar mengambil skripsi pada semester ganjil dengan jumlah 98 orang. Populasi ini sekaligus dijadikan sebagai wilayah penelitian, sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu motivasi dan kemampuan akademik sebagai variabel bebas dan proses penulisan skripsi sebagai variabel terikat. Pengambilan data utama digunakan kuesioner dan data penunjangnya menggunakan dokumentasi dan wawancara. Validitas instrumen diukur dengan menggunakan korelasi product moment, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, analisis korelasi parsial dan analisis regresi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Motivasi yang dimiliki mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang umumnya terdapat pada kriteria tinggi. Hal ini dapat dilihat dari sebelas indikator, ada sembilan indikator yang terdapat dalam kriteria tinggi, satu indikator terdapat dalam kriteria sangat tinggi dan satu indikator terdapat dalam kriteria cukup. (2)Indeks Prestasi yang diperoleh mahasiswa rata-rata berada dalam kategori sangat memuaskan. (3)Dalam variabel proses penulisan skripsi, rata-rata mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang berada dalam krteria tinggi. Dari tujuh indikator yang ada, empat indikator berada dalam kriteria tinggi dan tiga indikator berada dalam kriteria cukup. (4)Ada hubungan antara motivasi dengan proses penulisan skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, dengan diperolehnya t hitung = 3,266 > t tabel = 1,99 pada a = 5%. (5) Tidak ada hubungan antara kemampuan akademik dengan proses penulisan skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, dengan diperolehnya t hitung = 1,146 < t tabel = 1,99 pada a = 5%. (6) Ada hubungan secara bersama-sama antara motivasi dan kemampuan akademik dengan proses penulisan skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Tahun Ajaran 2000, dengan diperolehnya F hitung = 0,843 > F tabel =3,092 pada a = 5%.

Mengacu pada simpulan diatas, disarankan kepada pendidik agar dapat mengupayakan kiat belajar yang lebih baik, untuk mendorong mahasiswa agar memiliki motivasi terhadap penelitian. Pada mahasiswa juga diharapkan untuk meningkatkan strategi belajar yang baik dan berusaha meningkatkan motivasi agar dapat mengatasi kendala dalam menyelesaikan skripsi.

Download

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN KEMAMPUAN AKADEMIK DENGAN PROSES PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN AJARAN 2000, 4.7 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets