HUBUNGAN ANTARA PERENCANAAN MENGAJAR OLEH GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PENGAJARAN PENGETAHUAN SOSIAL

This item was filled under [ PGSD ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan PGSD : HUBUNGAN ANTARA PERENCANAAN MENGAJAR OLEH GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PENGAJARAN PENGETAHUAN SOSIAL

Eka Zakaria, 2006. Skripsi PGSD, Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial dan kewarganegaraan. Ruang lingkup pelajaran pengetahuan sosial di sekolah dasar meliputi : sistem sosial dan budaya, manusia, tempat dan lingkungannya, perilaku ekonomi dan kesejahteraan, keberlanjutan dan perubahan, sistem berbangsa dan bernegara.

Melalui pengetahuan sosial, siswa diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan & keterampilan dasar yang berguna bagi dirinya dalam kehidupan sehari-hari. Agar siswa mampu mengembangkan pemahaman tentang perkembangan masyarakat, bangsa, dan negara. Namun kenyataannya, prestasi mata pelajaran pengetahuan sosial tidak memuaskan karena kurang diminati siswa. Agar pelajaran pengetahuan sosial dapat berhasil dengan baik dan diminati oleh siswa maka seorang guru perlu mengoreksi diri mengenai bagaimanakah proses pembelajaran yang selama ini dilaksanakan. Bagaimanakah pendekatan atau metode yang dipilih guru dan mengapa siswa tidak menyukai pelajaran Pengetahuan Sosial sehingga prestasinya kurang.
Dalam pengajaran pengetahuan sosial seseorang guru sebenarnya dapat memilih dari sekian banyak metode yang telah tersedia. Para guru hendaknya mempunyai kemampuan dalam memilih metode mana yang paling tepat untuk setiap bahan yang akan diajarkan.
Metode dan cara pendekatan termasuk bagaimana cara seorang guru memberikan bimbingan belajar, merupakan alat komunikasi yang baik antara guru dan siswa, sehingga setiap bahasan dapat disajikan dengan baik dan memberikan motivasi belajar pada siswa.
Seorang pengajar mempunyai beberapa peranan yang harus dikuasai diantaranya pengajar sebagai guru. Fungsi guru di sini harus dapat menjadikan siswa mampu memahami bahan dengan baik sesuai dengan pengalaman belajar yang mereka miliki. Pengajar dalam hal ini bertindak sebagai pemberi penjelasan pada sesuatu yang sulit bagi siswa

Download

HUBUNGAN ANTARA PERENCANAAN MENGAJAR OLEH GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PENGAJARAN PENGETAHUAN SOSIAL, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets