HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN OBESITAS PADA REMAJA KELAS II SMP THERESIANA I YAYASAN BERNADUS SEMARANG

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (33 votes cast)

skripsi jurusan Teknologi Jasa dan Produksi : HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN OBESITAS PADA REMAJA KELAS II SMP THERESIANA I YAYASAN BERNADUS SEMARANG

Luthfiana Arifatul Hudha , 2006, Skripsi, Teknologi Jasa dan Produksi , FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG2006

Keberhasilan pembangunan dapat memberi dampak negatif antara lain terjadinya gizi lebih sebagai dampak perubahan gaya hidup antara lain pola makan. Pola makan modern yang kurang diimbangi dengan aktivitas fisik akan menimbulkan masalah gizi lebih atau obesitas.Akhir –akhir ini gizi lebih pada remaja banyak terjadi terutama di kota –kota besar ditandai oleh berat badan yang relatif berlebihan jika dibandingkan dengan usia atau tinggi badan remaja sebaya, sebagai akibat terjadinya penimbunan lemak yang berlebihan dalam jaringan lemak tubuh. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah 1) gambaran pola makan remaja yang mengalami obesitas 2) jenis aktivitas fisik remaja yang mengalami obesitas 3) apakah ada hubungan antara pola makan dan aktivitas fisik terhadap obesitas pada remaja kelas II SMP Theresiana I Yayasan Bernadus Semarang. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pola makan remaja yang mengalami obesitas 2) mengetahui aktivitas fisik remaja yang mengalami obesitas 3) mengetahui h
bungan antara pola makan dan aktivitas fisik terhadap obesitas pada remaja kelas II SMP Theresiana I Yayasan Bernadus Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah remaja kelas II yang mengalami obesitas di SMP Theresiana I Yayasan Bernadus Semarang yang berjumlah 120 orang siswa. Sampel diambil sebesar 25 % yaitu 30 orang remaja dengan teknik sampling Purposive Cluster random Sampling. Variabel bebasnya adalah pola makan (X1) dan aktivitas fisik (X2). Variabel terikatnya adalah obesitas pada remaja. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode angket (kuesioner), metode recall. Instrumen diuji validitasnya dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitasnya dengan rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan korelasi Rank Spearman.
Hasil analisis data penelitian dengan deskriptif menunjukkan bahwa pola makan remaja termasuk kategori baik sebesar 71.44%, aktivitas fisik termasuk jenis aktivitas ringan sebesar 77.28% dan obesitas remaja sebesar 56.66%. Hasil analisis data dengan korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa hipotesis kerja pertama, kedua dan ketiga remaja kelas II SMP Theresiana I Yayasan Bernadus Semarang dapat diterima.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah gamabaran pola makan remaja baik, aktivitasnya kategori aktivitas ringan dan obesitas remaja termasuk obesitas berat. Saran yang diajukan adalah sebagai guru memberikan pengarahan tentang pola makan dan aktivitas fisik dan obesitas remaja mudah memicu penyakit degeneratif diusia dewasa kelak.

Download

HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN OBESITAS PADA REMAJA KELAS II SMP THERESIANA I YAYASAN BERNADUS SEMARANG, 4.9 out of 5 based on 33 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets