Hubungan antara status gizi anak, tingkat pendidikan terakhir ayah dan tingkat pendidikan terakhir ibu dengan hasil belajar siswa kelas 4, 5 dan 6 SDN Plosorejo I desa Plosorejo Randublatung Kabupaten Blora

This item was filled under [ Kesehatan Masyarakat ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

Skripsi Jurusan ilmu kesehatan masyarakat: Hubungan antara status gizi anak, tingkat pendidikan terakhir ayah dan tingkat pendidikan terakhir ibu dengan hasil belajar siswa kelas 4, 5 dan 6 SDN Plosorejo I desa Plosorejo Randublatung Kabupaten Blora

Rani Kartikasari. 2007. Skripsi Jurusan ilmu kesehatan masyarakat, Fakultas ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran responden berdasar status gizi anak, tingkat pendidikan terakhir ayah, tingkat pendidikan terakhir ibu, dan hasil belajar siswa, apakah ada hubungan antara status gizi anak, tingkat pendidikan terakhir ayah, dan tingkat pendidikan terakhir ibu dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran responden berdasar status gizi anak, tingkat pendidikan terakhir ayah, tingkat pendidikan terakhir ibu, dan hasil belajar siswa, hubungan antara status gizi anak, tingkat pendidikan terakhir ayah, dan tingkat pendidikan terakhir ibu dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan desain case control. Populasi adalah semua siswa sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6 yang ada di SDN Plosorejo I, sejumlah 85 anak.

Sampel sejumlah 62, terdiri dari 31 kelompok kasus dan 31 kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan restriksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah timbangan injak (seca), microtoise, buku daftar kelas, buku raport siswa. Analisis bivariat dengan uji statistik Chi Square dan untuk mengetahui besar faktor resiko digunakan analisis Odds Ratio.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa status gizi (BB/TB) siswa kelas 4, 5, dan 6 SDN Plosorejo I sebagian besar normal, pada kelompok kasus sebesar 87,1% dan kelompok kontrol sebesar 61,2%, status gizi (TB/U) sebagian besar normal, pada kelompok kasus sebesar 74,2% dan kelompok kontrol sebesar 67,8%, tingkat pendidikan terakhir ayah sebagian besar tamat SD, pada kelompok kasus sebesar 25,8% dan kelompok kontrol sebesar 38,8%, dan tingkat pendidikan terakhir ibu sebagian juga tamat SD, pada kelompok kasus sebesar 35,4% dan pada kelompok kontrol sebesar 42%. Dari hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara status gizi (BB/TB) dengan hasil belajar (p value=0,040 dan OR=4,623), tidak ada hubunga yang signifikan antara status gizi (TB/U) dengan hasil belajar siswa (p value=0,780 dan OR=1,369), tidak ada hubungan tingkat pendidikan terakhir ayah dengan hasil belajar siswa (p value=0,786 dan OR=0,744), dan tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan terakhir ibu dengan hasil belajar siswa (p value=0,057 dan OR=0,291).
Kesimpulan yang dapat diambil adalah ada hubungan yang signifikan antara status gizi (BB/TB) dengan hasil belajar, tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi (TB/U) dengan hasil belajar siswa, tidak ada hubungan tingkat pendidikan ayah dengan hasil belajar siswa, dan tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan ibu dengan hasil belajar siswa.
Saran yang diajukan adalah bagi Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa lain untuk melakukan penelitian dengan tema yang sama sebagai bahan perbandingan hasil penelitian. Bagi SDN Plosorejo I adalah memberikan informasi kepada orang tua siswa bahwa siswa perlu membiasakan konsumsi energi yang sebanding dengan kebutuhan energi yang digunakan untuk aktivitas setiap hari agar anak mampu melaksanakan tugas belajarnya secara baik, dan orang tua hendaknya mendampingi belajar agar dapat membantu kesulitan-kesulitan belajar anaknya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengambil populasi yang lebih luas sehingga diperoleh hasil yang lebih dapat dipertangungjawabkan.

Download

Hubungan antara status gizi anak, tingkat pendidikan terakhir ayah dan tingkat pendidikan terakhir ibu dengan hasil belajar siswa kelas 4, 5 dan 6 SDN Plosorejo I desa Plosorejo Randublatung Kabupaten Blora, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets