HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDAPATAN DAN PENGETAHUAN TATA RIAS WAJAH TERHADAP PENAMPILAN IBU-IBU GURU SMP NEGERI 1 WONOSARI KLATEN

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi TEKNOLOGI JASA DAN PRODUKSI : HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDAPATAN DAN PENGETAHUAN TATA RIAS WAJAH TERHADAP PENAMPILAN IBU-IBU GURU SMP NEGERI 1 WONOSARI KLATEN

Hermin Susilowati . 2007. skripsi TEKNOLOGI JASA DAN PRODUKSI . Fakultas TEKNIK . Universitas Negeri Semarang.

Tata rias wajah merupakan salah satu unsur pendukung penampilan seseorang disamping penataan rambut, keserasian dalam berbusana, pelengkap busana dan sikap badan, karena wajah adalah salah satu bagian dari tubuh manusia yang paling utama, bagi wanita adalah segala-galanya memiliki wajah yang cantik, menarik, bersih dan segar. Hal ini sangat mempengaruhi dalam pergaulan, apalagi seorang wanita yang berprofesi sebagai guru, dalam segi hubungan dengan orang lain penampilan yang baik selalu menimbulkan rasa hormat dan simpati, untuk mendapatkan itu semua pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan memiliki tingkat pendapatan yang memadai, maka akan memungkinkan seorang guru mampu membeli segala yang dibutuhkan untuk merawat diri guna mempercantik penampilan dan dengan pengetahuan tata rias wajah yang tinggi, maka akan memungkinkan seseorang mampu membuat bagian-bagian wajahnya menjadi bertambah baik, mampu menyembunyikan bagian-bagian yang buruk yang pada akhirnya berdampak pada penampilan yang kian bertambah baik. Berdasarkan kenyataan tersebut perlu dikaji : 1) adakah hubungan antara tingkat pendapatan dan pengetahuan tata rias wajah terhadap penampilan Ibu-ibu Guru SMP negeri 1 Wonosari Klaten, dan 2) seberapa besarkah hubungan antara tingkat pendapatan dan pengetahuan tata rias wajah terhadap penampilan Ibu-ibu Guru SMP negeri 1 Wonosari Klaten. Tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendapatan dan pengetahuan tata rias wajah terhadap penampilan Ibu-ibu Guru SMP negeri 1 Wonosari Klaten, 2) Untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara tingkat pendapatan dan pengetahuan tata rias wajah terhadap penampilan Ibu-ibu Guru SMP negeri 1 Wonosari Klaten.

Populasi penelitian ini adalah seluruh Ibu Guru yang mengajar di SMP negeri 1 Wonosari Klaten, jumlah guru wanita 35 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehingga jumlah populasi sebanyak 35 orang tersebut diambil seluruhnya untuk sampel penelitian. Variabel penelitian ini ada tiga yaitu tingkat pendapatan dan pengetahuan tata rias wajah sebagai variabel bebas, dan penampilan sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase dan analisis korelasi ganda. 4
Hasil analisis data diperoleh uji keberartian koefisien korelasi dengan uji F dan diperoleh F hitung =23,040 > F tabel = 3,30, sehingga dapat dijelaskan bahwa koefisien korelasi ganda tersebut signifikan, maka Ada hubungan antara tingkat pendapatan dan pengetahuan tata rias wajah terhadap penampilan ibu-ibu guru SMP Negeri 1 Wonosari Klaten. Besarnya kontribusi atau sumbangan dari tingkat pendapatan dan pengetahuan tata rias wajah terhadap penampilan guru dapat dikatahui dari koefisien determinasi secara simultan (R2) yaitu sebesar 59,0% dan selebihnya ditentukan oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini sebesar 41,0%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pendapatan, semakin baik pengetahuan dan penerapannya maka penampilan diri juga semakin baik, sebaliknya pendapatan, pengetahuan dan penerapannya semakin berkurang maka penampilannya juga semakin berkurang. Saran yang dapat diberikan dengan kesimpulan ádalah : 1) Pengetahuan tata rias wajah memberikan sumbangan yang lebih besar terhadap penampilan guru dibandingkan dengan tingkat pendapatan, maka untuk meningkatkan penampilan guru hendaknya guru dapat lebih serius dalam mencari informasi tentang bagai mana tata rias wajah yang baik dengan jalan membaca buku-buku kecantikan, ataupun dapat mengikuti khursus kecantikan. 2) Walaupun tingkat pendapatan memberikan kontribusinya yang lebih kecil tapi untuk meningkatkan penampilannya, para guru dengan tingkat pendapatan rendah hendaknya dapat memilih berbagai perlengkapan kecantikan yang di butuhkan secara hemat sesuai apa yang betul-betul dibutuhkan saja.

Download

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDAPATAN DAN PENGETAHUAN TATA RIAS WAJAH TERHADAP PENAMPILAN IBU-IBU GURU SMP NEGERI 1 WONOSARI KLATEN, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets