HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN GIZI IBU, POLA MAKAN BALITA DENGAN STATUS GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGWUNI II KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2006

This item was filled under [ Kesehatan Masyarakat ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (33 votes cast)

skripsi jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat: HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN GIZI IBU, POLA MAKAN BALITA DENGAN STATUS GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGWUNI II KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2006

Lailatul Munawaroh, 2006, Skripsi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN JURUSAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT 2006

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara tingkat pengetahuan gizi ibu, pola makan dengan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Kedungwuni II Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan gizi ibu, pola makan balita dengan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Kedungwuni II Kabupaten Pekalongan.

Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan rancangan case control. Populasi dalam penelitian ini adalah balita status gizi kurang dan buruk (kasus) sejumlah 111 balita dan status gizi baik (kontrol) sejumlah 1689 balita. Sampel yang diambil sejumlah 50 balita kasus dan 50 balita kontrol yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) kuesioner, 2) formulir recall, 3) timbangan injak. Data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara dan pengukuran berat badan. Data sekunder diperoleh dari Puskesmas Kedungwuni II. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan statistic uji chi-squarei dan penentuan Odds Ratio (OR).
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pengetahuan gizi ibu baik dengan pola makan balitanya tidak baik 41,5%, dan pola makan balitanya baik 89,8%, sedangkan pengetahuan gizi ibu kurang baik dengan pola makan balitanya tidak baik 58,5%, dan pola makan balitanya baik 10,2% (p = 0,00, CC = 0,46, OR =12,5).Pola makan baik pada kasus 36% dan kontrol 82%, sedangkan pola makan tidak baik pada kasus 64% dan kontrol 18% (p=0,00, CC=0,42, OR=8,1).
Pengetahuan gizi baik pada kasus 52% dan pada kontrol 88%, sedangkan pengetahuan kurang baik pada kasus 48% dan pada kontrol 12% (p=0,00, CC= 0,37, OR=6,8).
Dari hasil penelitian (dan pembahasan) dapat disimpulkan, ada hubungan antara tingkat pengetahuan gizi ibu dan pola makan balita dengan status gizi balita. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan adalah Penyuluhan tentang keluarga sadar gizi (Kadarzi) untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya ibu serta perlunya pemantauan status gizi pada balita secara berkala oleh sub bagian gizi sehingga keadaan status gizi balita dapat diketahui dan segera dilakukan penanggulangan apabila terjadi penurunan status gizi di wilayah kerjanya.

Download

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN GIZI IBU, POLA MAKAN BALITA DENGAN STATUS GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGWUNI II KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2006, 4.8 out of 5 based on 33 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets