HUBUNGAN KECEPATAN OTOT TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PADA ANGGOTA UKM BOLA BASKET UNNES 2006

This item was filled under [ Olahraga ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Ilmu Keolahragaan: HUBUNGAN KECEPATAN OTOT TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PADA ANGGOTA UKM BOLA BASKET UNNES 2006

Siti Nur Hayati . 2006. Skripsi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Kekuatan sangat penting bagi setiap event baik untuk atlit pria maupun wanita. Serabut otot yang ada didalam otot akan memberikan respon atau tanggapan bila mendapatkan beban atau tahanan dalam latihan. Dalam permainan bola basket tujuannya adalah memasukkan bola sebanyak banyaknya kedalam ring lawan dan untuk tercapainya tujuan tersebut dibutuhkan kekuatan, kecepatan dan daya ledak otot untuk menggerakkan bola masuk kedalam ring. Kita ketahui hampir seluruh pelaksanaan gerak dalam olah raga bola basket melibatkan seluruh alat-alat gerak, baik alat gerak aktif (otot) maupun alat gerak pasif (tulang) dan yang sangat berpengaruh dalam pelaksanaan semua gerakan tersebut adalah tungkai. Tungkai sangat besar pengaruhnya terhadap prestasi atau hasil tolakan.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kecepatan otot tungkai dengan kemampuan daya ledak otot tungkai, apakah ada hubungan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan daya ledak otot tungkai dan apakah ada hubungan kecepatan otot tungkai dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan daya ledak otot tungkai pada peserta UKM Bola Basket Putra UNNES tahun 2006.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecepatan otot tungkai dengan kemampuan daya ledak otot tungkai, hubungan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan daya ledak otot tungkai dan hubungan kekepatan otot tungkai dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan daya ledak otot tungkai pada peserta UKM Bola Basket Putra UNNES tahun 2006.
Populasi yang diambil dalam penelitian ini telah memenuhi syarat sebagai berikut: 1) Populasi adalah Mahasiswa yang telah mengikuti latihan UKM bola basket di UNNES, 2) Populasi mendapat materi latihan dan pelatih yang sama, 3) Populasi mempunyai jenis kelamin yang sama, 4) Populasi berumur 19-22 tahun.
Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa yang mengukuti UKM bola basket Putra di UNNES yang berjumlah 26 peserta. Metode yang akan digunakan untuk mengumpulkan data didalam penelitian ini adalah metode survey dengan tehnik tes. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment.
Berdasarkan hasil perhitungan secara parsial dengan menggunakan rumus korelasi produst moment antara X1 dengan Y diketahui bahwa rhitung lebih besar dibandingkan dengan rtabel (0.9907 > 0.388) sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada hubungan antara kecepatan otot tungkai dengan kemampuan daya ledak otot tungkai pada peserta UKM Bola Basket Putra UNNES 2006. Sedangkan hasil perhitungan antara X2 dengan Y diperoleh rhitung lebih besar dibandingkan dengan rtabel (0.926 > 0.388) sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada hubungan antara kekuatan otot tungkai dengan kemampuan daya ledak otot tungkai pada peserta iiiUKM Bola Basket Putra UNNES 2006”. Untuk perhitungan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y diperoleh rhitung lebih besar dibandingkan dengan rtabel (0.915 > 0.388) sehinggdapat disimpulkan bahwa “ada hubungan antara kecepatan dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan daya ledak otot tungkai pada peserta UKM Bola Basket Putra UNNES 2006”.
Saran yang dapat peneliti berikan terkait dengan hasil penelitian diantaranya para pemain hendaknya dalam melakukan latihan dapat mengkombinasikan antara kekuatan dan kecepatan untuk meningkatkan kualitas kondisi fisik dengan tujuan utama meningkatkan daya ledak. Hendaknya pelatih dapat lebih meningkatkan dan menekankan porsi latihan kepada para pemainnya untuk lebih meningkatkan kecepatan dan kekuatan otot tungkai sebagai upaya peningkatan kemampuan daya ledak otot sehingga dengan kecepatan dan kekuatan yang dimilikinya akan dapat memperoleh hasil yang optimal.

Download

HUBUNGAN KECEPATAN OTOT TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PADA ANGGOTA UKM BOLA BASKET UNNES 2006 , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “HUBUNGAN KECEPATAN OTOT TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PADA ANGGOTA UKM BOLA BASKET UNNES 2006”

  • 16 September, 2011, 2:59

    om…gimana cara downloadnya..?? kok gak mau..?

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets