Hubungan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI Semester I di SMA Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes Tahun Pelajaran 2004-2005

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Hubungan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI Semester I di SMA Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes Tahun Pelajaran 2004-2005

Muh. Khanif Yusman. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI semester I di SMA Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes tahun pelajaran 2004/2005 .

Permasalahan yang muncul adalah “Apakah ada hubungannya prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI semester I di SMA Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes tahun pelajaran 200/2005?”.

Berdasarkan permasalahan yang diajukan tersebut, maka hipotesis yang muncul adalah : Ha : “Ada hubungannya prestasi belajar Pendidikan Agama Islam denagn prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes” diterima.

Untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis yang diajukan, penulis mengadakan penelitian di SMA Al-Hikmah benda sirampog brebes dengan obyek penelitian adalah siswa kelas XI dan menggunakan tehnik random sampling dengan cara ordinal yang pengambilannya didasarkan atas suatu rumpun (Cluster) dan jumlah (quota). Dengan pengambilan sample berjumlah 31 orang siswa.

Setelah data diperoleh melalui metode dokumentasi, kemudian nilai-nilai tersebut dianalisis dengan analisa Produk Moment Corelation dari Karl Person,. Ternyata antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes tahun pelajaran 2004/2005 tidak ada hubungan yang signifikan. Hal ini berarti dapat disimpulkan walaupun secara materiil atau kajian isinya mempunyai hubungan, namun secara prestasinya tidak berhubungan. Ketidakberhasilan prestasi belajar kedua mata pelajaran tersebut disebabkan oleh banyak faktor yang menunjukkan bahwa penyebab primer terletak pada materi yang disampaikan sangat jauh berbeda. Sehingga perlu diperbarui agar siswa disekolah mampu menerapkan pendidikan nilai atau perilaku dalam kehidupan sehari-hari dan menunjukkan prestasi belajar kedua mata pelajaran tersebut agar saling mendukung dalam memperoleh nilai yang lebih baik.

Download

Hubungan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI Semester I di SMA Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes Tahun Pelajaran 2004-2005, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets