Implementasi Pengamanan Basis Data dengan Teknik Enkripsi

This item was filled under [ Teknik Informatika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (24 votes cast)

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Berbagai organisasi, perusahaan, atau pun pihak – pihak lain telah memanfaatkan teknologi basis data untuk menyimpan dan mengelola data organisasi atau perusahaannya. Saat ini, keamanan terhadap data yang tersimpan dalam basis data sudah menjadi persyaratan mutlak. Pengamanan terhadap jaringan komputer yang terhubung dengan basis data sudah tidak lagi menjamin keamanan data karena kebocoran data dapat disebabkan oleh “orang dalam” atau pihak – pihak yang langsung berhubungan dengan basis data seperti administrator basis data. Hal ini menyebabkan pengguna basis data harus menemukan cara untuk mengamankan data tanpa campur tangan administrator basis data.

Kriptografi dapat digunakan untuk mengamankan data. Oleh karena itu, pengguna basis data membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan keamanan akan data yang disimpannya. Penerapan kriptografi pada Tugas Akhir ini akan difokuskan bagaimana kriptografi dapat mengamankan data sampai pada level baris (row) dan kolom (field) dengan tetap memperhatikan integritas data dan kewenangan setiap pengguna basis data. Algoritma kriptografi yang akan digunakan ialah algoritma kriptografi simetris dan bersifat stream cipher sehingga data hasil enkripsi (cipherteks) mempunyai ukuran yang sama dengan data asli (plainteks). Teknik kriptografi simetris dipilih karena diharapkan dengan algoritma ini proses enkripsi – dekripsi data dapat dilakukan dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan

algoritma kriptografi kunci publik (asimetris).

Berdasarkan atas informasi diatas, penulis membuat sebuah implementasi dengan menerapkan metode sistem enkripsi simetris dalam pengamanan login aplikasi program yang dibentuk kedalam Tugas Akhir untuk menyelesaikan studi pada program Sarjana Strata Satu (S1) Sekolah Tinggi Teknik Harapan dengan judul “Implementasi Pengamanan Basis Data dengan Teknik Enkripsi”.

1.2. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, identifikasi masalahnya adalah bagaimana merancang suatu perangkat lunak pengenkripsian basis data pada data login yang dapat membantu keamanan aplikasi program dan database.

1.3. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari penulisan ini adalah

  1. Untuk membuat sistem keamanan login aplikasi program dengan menggunakan enkripsi.
  2. Mempelajari teknik pengamanan enkripsi sebagai lanjutan dari mata kuliah kriptografi sekuriti.

1.4. Batasan Masalah

Adapun batasan masalah dalam penulisan tugas akhir ini :

  1. Perancangan program enkripsi pada login aplikasi program ini menggunakan software visual basic 6.0 dengan memanfaatkan menu *.dll.
  2. Perancangan data login yang diterima adalah tidak ditentukan dan berbentuk karakter tidak numerik.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

Implementasi Pengamanan Basis Data dengan Teknik Enkripsi, 5.0 out of 5 based on 24 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets