JILBAB DALAM PANDANGAN ABU AL-A’LA AL-MAUDU DI DAN MUH AMMAD SA’ID AL-‘ASYMA WI

This item was filled under [ Syariah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.6/5 (126 votes cast)

Skripsi Syariah : JILBAB DALAM PANDANGAN ABU AL-A’LA   AL-MAUDU DI   DAN MUH AMMAD SA’ID AL-‘ASYMA WI


ABSTRAKSI

Hal utama yang menjadi perhatian penyusun bahwa dalam wacana hukum Islam, selalu diwarnai oleh adanya dua wacana yang saling berhadapan yaitu antara wacana normatifitas dan historisitas, antara teks dengan konteks. Segala pemikiran yang muncul dari ulama dan tokoh muslim dari segala zaman berhulu dan bermuara pada dua tataran ini.

Begitu juga dengan persoalan pakaian muslimah atau jilbab. Akselerasi perdebatan mengenai hal ini telah dimulai sejak masa sahabat dan berlangsung secara terus menerus sampai masa sekarang ini. Dalam skiripsi ini, dua kubu ini diwakili oleh Abu> al-A’la> al-Maudu>di> satu pihak dan Muh}ammad Sa’id al-‘Asyma>wi> di pihak lain. Keduanya merupakan representasi dari kedua kubu yang telah disebutkan.

Pokok masalah dalam skiripsi ini adalah bagaimana dan apa yang melatarbelakagi istidlal dari kedua tokoh.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan membahas buku, baik  berupa buku primer dan sekunder yang menjelaskan tentang pemikiran kedua tokoh. Sedangkan penelitian ini bersifat analitik komparatif dengan pendekatan normatif- historis. Dan metode analisis yang dipakai adalah analisis komparatif untuk membanding kedua tokoh dan mencari titik temu dan relevansinya dengan Indonesia.

Berdasarkan kepada trade mark dalam tradisi normatifitas yang memeiliki kecendrungan tekstualis dan apa adanya serta sering kali mengabaikan sejarah munculnya suatu ketentuan hukum, maka al-Maudu>di> menyatakan bahwa wanita muslimah wajib mengenakan jilbab dengan segala karakteristiknya, bahkan mewajibkan untuk menutup wajah dan kedua telapak tangan. Sedangkan kubu historik menyatakan bahwa hukum muncul karena ada illat, ketika illat hukum itu sudah tidak ada, maka hukum gugur. Mereka menyatakan bahwa generalisasi terhadap perintah pengenaan jilbab terhadap setiap orang adalah keliru, karena jilbab merupakan perintah khusus kepada istri-istri Nabi, dikarenakan keutamaan kedudukan mereka di kalangan kaum muslim masa itu.

Fenomena yang menarik juga terjadi bila kewajiban jilbab ini ditarik ke Indonesia. Banyak wanita yang mengenakan kerudung dengan berbagai modifikasi yang cenderung menghilangkan ketentuan dari jilbab itu sendiri. Hal ini merupakan akibat langsung dari pemahaman yang keliru tentang jilbab. Mereka menyamakan kerudung dengan jilbab. Padahal ini adalah dua  hal yang berbeda walaupun saling melengkapi.

Dengan menggabungkan kedua pendapat yang secara lahir bertolak belakang, maka kami menyimpulkan bahwa busana yang baik merupakan perpaduan antara kesopanan, kepantasan dan menutup aurat sebagai unsur pentingnya, tanpa perlu menetapkan satu jenis jilbab tertentu. Ini merupakan hasil dari univikasi terhadap dua pendapat yang dikemukakan oleh dua tokoh tersebut.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

JILBAB DALAM PANDANGAN ABU AL-A’LA AL-MAUDU DI DAN MUH AMMAD SA’ID AL-‘ASYMA WI, 4.6 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets