KADIPATEN SELOMANIK SEBAGAI BASIS KEGIATAN POLITIK KEAGAMAAN PADA MASA KOLONIAL (1825-1830)

This item was filled under [ sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan Sejarah : KADIPATEN SELOMANIK SEBAGAI BASIS KEGIATAN POLITIK KEAGAMAAN PADA MASA KOLONIAL (1825-1830)

Dwie Kurniaty Rahayu . 2007. Skripsi. Jurusan Sejarah FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2007

Kadipaten Selomanik merupakan salah satu desa di Jawa, yang menjadi pusat kegiatan politik, agama, sosial, ekonomi, pertahanan dan keamanan pada masa kolonial. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian sebagai berikut: (1) bagaimana perkembangan Kadipaten Selomanik sebagai basis kegiatan politik keagamaan pada masa kolonial tahun 1825-1830, (2) faktor yang menyebabkan Kadipaten Selomanik sebagai basis kegiatan politik keagamaan pada masa kolonial tahun 1825-1830. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan perkembangan Kadipaten Selomanik sebagai basis kegiatan politik keagamaan pada masa kolonial tahun 1825-1830, (2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan Kadipaten Selomanik sebagai basis kegiatan politik keagamaan pada masa kolonial tahun 1825-1830.

Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian adalah metode sejarah (Historical Methode). Empat tahap metode sejarah, antara lain: heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kadipaten sebagai basis kegiatan politik keagamaan dimulai sejak berkembang Agama Islam hingga menjelang kemerdekaan, puncaknya yaitu Perang Jawa (1825-1830) yang dipimpin oleh Pangerang Diponegoro. Seorang tokoh pemuka agama yaitu Kertawasesa II merupakan pengikut dari Pangeran Diponegoro yang melarikan diri hingga sampai di Desa Selomanik. Di Desa Selomanik, Wonosobo, Kertawasesa II, menetap dan diangkat menjadi Tumenggung.
Desa Selomanik berkembang pesat menjadi pusat pemerintahan. Selain sebagai kepala pemerintahan, Kertawasesa II juga membantu di Pondok Pesantren Selomanik untuk memberikan ilmu pengetahuan serta ilmu keagamaan kepada santri/muridnya. Pondok Pesantren Selomanik dipimpin oleh Kiai Ngalwi dari Tebuireng, Jawa Timur. Di pondok pesantren para pemuka agama bertemu dan berkumpul, baik untuk melakukan sholat maupun mengadakan pertemuan. Perkembangan desa sebagai basis kegiatan politik keagamaan membawa perubahan pada masyarakat Desa Selomanik, Wonosobo. Perubahan yang terjadi bersifat fundamental. Kiai mempunyai kedudukan tinggi yaitu sebagai seorang pemimpin dalam bidang agama. Kiai dalam menjalankan tugasnya untuk membuat strategi dalam melawan penjajah kolonial. Sebuah organisasi dengan basis komunitas santri, menyebabkan aktivitas yang terlibat dengan kegiatan politik. Kegiatan yang dilakukan oleh para kiai berkaitan dengan gerakan sosial. Kenyataannya gerakan sosial tidak bisa terlepas dari dinamika politik. Dengan adanya tradisi Islam sebagai referensi sebuah gerakan Islam yang mempunyai kekuasaan yang berdasarkan nilai-nilai ketuhanan. Agama Islam sebagai alat legitimasi terhadap kekuasaan dan sebagai sarana perjuangan untuk menduduki struktur kekuasaan. Agama xIslam sebagai sumber inspirasi kultural dalam kerangka paradigma dalam pemikiran politik. Semua kegiatan politik, agama, sosial budaya bahkan ekonomi dilakukan di desa-desa seluruh Jawa, tetapi yang paling menonjol yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh para pemimpin perjuangan untuk melawan penjajah yang bercorak keagamaan.

Download

KADIPATEN SELOMANIK SEBAGAI BASIS KEGIATAN POLITIK KEAGAMAAN PADA MASA KOLONIAL (1825-1830) , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
Tagged with: [ , , , , ]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets