Kajian Pengembangan Fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI)

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (128 votes cast)

Skripsi Teknik Sipil : Kajian Pengembangan Fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI)

Safei, Mukhammad Nur Ikhsan. 2005. Jurusan Teknik Sipil , Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang.

Pembangunan sektor perikanan dan kelautan merupakan bagian dari pembangunan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pada umumnya serta para nelayan dan petani ikan pada khususnya. Untuk memacu perkembangan dan pertumbuhan usaha perikanan serta peningkatan taraf hidup nelayan, Pemerintah menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan nelayan, yaitu Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI). Pembangunan dan pengembangan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) harus didukung dengan fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) seperti : fasilitas pokok, fasilitas fungsional, dan fasilitas tambahan/penunjang yang memadai dan memenuhi kebutuhan. Salah satu Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang akan dikembangkan adalah Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Jetis yang berada di Kabupaten Cilacap. Pengembangan fasilitas Pangakalan Pendaratan Ikan Jetis Cilacap, didasarkan pada potensi alam yang mendukung serta adanya para nelayan dan pengelola Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Jetis. Selain itu Pangkalan Pendaratan Ikan Jetis juga memiliki jaringan pemasaran dan potensi ikan yang mendukung.

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kelayakan pengembangan fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan Jetis dan bagaimanakah rencana pengembangannya. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan Jetis serta mengetahui rencana pengembangannya. Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kejelasan informasi teknis dari pengembangan fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan Jetis dan sebagai bahan pertimbangan dan masukan pada Dinas Perikanan dan Kelautan pusat dan daerah dalam mengembangkan fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data-data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder, yang selanjutnya data primer dan data sekunder dianalisis secara induktif dengan teknik uraian rinci.

Kelayakan pengembangan fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan Jetis Cilacap yang terdiri dari kelayakan teknis, potensi sumberdaya ikan, pemasaran dan ekonomi menunjukkan layak untuk dikembangkan, sehingga secara keseluruhan fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan Jetis layak untuk dikembangkan. Rencana pengembangan fasilitas Pangkalan Pendaratn Ikan Jetis dilaksanakan dalm tiga (3) tahap yaitu tahap jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Jangka pendek meliputi : dermaga kayu, sumur dan instalasi air bersih, peningkatan/perkerasan jalan, pengadaaan lampu penerangan serta pembangunan tempat pengepakan. Jangka menengah meliputi : pengadaan timbangan dan basket ikan, pembangunan area perbaikan jaring, pengerukan kolam dan alur pelayaran, pembangunan pabrik es, peningkatan akses jalan ke lokasi Pangkalan Pendaratan Ikan Jetis, perbaikan tempat jual beli ikan (pasar ikan), kios (pom) BBM serta balai pertemuan nelayan. Jangka panjang meliputi : renovasi tempat pelelangan ikan, penataan tapak dan tempat parkir, bengkel, gudang, mushola, kios (warung) makan, MCK umum serta pos keamanan (penjagaan).

Berdasarkan temuan tersebut, maka kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam mewujudkan pengembangan fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan Jetis adalah penyusunan rencana teknis, pelaksanaan konstruksi baik dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, penyusunan elevasi kegiatan serta penelitian sumberdaya alam maupun sumberdaya buatan yang ada.

Download

Kajian Pengembangan Fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI), 4.8 out of 5 based on 128 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets