KEANEKARAGAMAN JENIS GASTROPODA DI PANTAI RANDUSANGA KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH

This item was filled under [ biologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan biologi: KEANEKARAGAMAN JENIS GASTROPODA DI PANTAI RANDUSANGA KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH

Esti Aji Handayani. 2006. Skripsi biologi, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Pantai Randusanga merupakan salah satu pantai yang berada di Desa Randusanga Kabupaten Brebes dengan luas areal kurang lebih 40 Ha dan panjang pantai kurang lebih 3 km. Pantai ini mengandung kekayaan alam flora dan fauna yang beranekaragam, salah satu diantaranya adalah keanekaragaman hewan Mollusca kelas Gastropoda. Hewan Gastropoda mempunyai peranan penting baik dari segi ekologi maupun ekonomi. Informasi yang terbatas mengenai keanekaragaman hewan Mollusca kelas Gastropoda di pantai Randusanga ini mendorong untuk dilakukan penelitian tentang keanekaragaman Gastropoda. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keanekaragaman jenis Mollusca kelas Gastropoda di pantai Randusanga Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Penelitian dilakukan pada bulan Agustus sampai September 2005. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak 4 kali pengulangan dengan interval pengamatan satu minggu sekali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Gastropoda di pantai Randusanga Kabupaten Brebes. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan transek garis untuk membantu pola sebaran hewan Mollusca kelas Gastropoda. Variabel penelitian ini adalah keanekaragaman jenis Mollusca kelas Gastropoda, faktor lingkungan biotik dan abiotik di pantai Randusanga. Metode analisis data yang digunakan adalah rumus indeks keanekaragaman dari Shannon Wiener, rumus indeks dominansi dari Simpson, rumus kemerataan dari Pielau, dan rumus kerapatan ( Odum, 1993 ).
Hasil penelitian diperoleh total individu berjumlah 776 yang terbagi kedalam 3 ordo, 15 familia dan 31 spesies. Indeks keanekaragaman (H’) Gastropoda berkisar antara 1,94 – 2,67. indeks dominasi berkisar antara 0,06 – 0,18, indeks kemerataan berkisar antara 1,05 – 1,30 dan kerapatan berkisar antara 0,33 – 1,09.
Simpulan yang dapat diambil yaitu bahwa indeks keanekaragaman jenis Mollusca kelas Gastropoda di pantai Randusanga Kabupaten Brebes Jawa Tengah berada pada tingkat tinggi. Oleh karena itu hendaknya usaha untuk melestarikan tetap mendapat perhatian yang cukup, agar kelestarian Gastropoda di pantai Randusanga dapat dipertahankan yaitu dangan cara mengurangi segala bentuk usaha yang dapat merusak atau mengganggu lingkungan perairan pantai Randusanga.

Download

KEANEKARAGAMAN JENIS GASTROPODA DI PANTAI RANDUSANGA KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets