KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Assisted Individualization) MELALUI PEMANFAATAN LKS (Lembar Kerja Siswa) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN JAJARGENJANG DAN BELAHKETUPAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 11 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

Skripsi. JURUSAN Matematika : KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Assisted Individualization) MELALUI PEMANFAATAN LKS (Lembar Kerja Siswa) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN JAJARGENJANG DAN BELAHKETUPAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 11 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007

etna Kusumaningrum . 2006. Skripsi. JURUSAN Matematika Fakultas MIPA universitas negeri semarang

Pembelajaran matematika yang dilaksanakan di SMP Negeri 11 Semarang tersebut saat ini masih terpusat pada guru. Pembelajaran dimulai dari fase persiapan, demonstrasi, pelatihan terbimbing, umpan balik, dan pelatihan lanjut (mandiri). Meskipun tidak sinonim dengan ceramah dan resitasi, namun langkah-langkah tersebut masih berpusat pada guru sehingga dikhawatirkan siswa akan cepat bosan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian ternyata kurang memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang optimal.

Pembelajaran matematika hendaknya di desain untuk dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menumbuhkembangkan kemampuan mereka secara maksimal. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) yang lebih menekankan pada kerjasama kelompok yang bersifat heterogen untuk menyelesaikan tugas kelompok yang sudah disiapkan oleh guru (LKS) dan selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuan secara individu bagi siswa yang memerlukannya, diharapkan dapat berpengaruh pada hasil belajar yang lebih optimal. Yang menjadi permasalahan, apakah model pembelajaran kooperatif tipe TAI melalui pemanfaatan LKS lebih efektif daripada model pengajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Semarang pada sub pokok bahasan jajargenjang dan belahketupat.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Semarang sebanyak 250 siswa yang tersebar dalam 6 kelas. Sampel diambil secara cluster random sampling dan diperoleh siswa kelas VII E sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII F sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran diperoleh menggunakan tes dan dianalisis menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 72,28 dan kelompok kontrol sebesar 63,50. Hasil uji t diperoleh thitung =3,014 > ttabel (1,66), yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada rata-rata hasil belajar kelompok kontrol. Hasil uji ketuntasan belajar pada kelas eksperimen diperoleh thitung = 3,35 > -ttabel (-1,69)
yang berarti hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan belajar (> 65). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAI melalui pemanfaatan LKS lebih efektif daripada model pengajaran langsung terhadap hasil belajar matematika sub pokok bahasan jajargenjang dan belahketupat pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2006/2007. Disarankan viikepada guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) melalui pemanfaatan LKS serta mengembangkan kreatifitas dalam pembelajaran. Guru dapat memvariasikan model pembelajaran kooperatif tipe TAI melalui pemanfaatan LKS dengan model lainnya sehingga diperoleh model yang lebih sesuai karakteristik pokok bahasan dan kondisi siswa.

Download

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Assisted Individualization) MELALUI PEMANFAATAN LKS (Lembar Kerja Siswa) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN JAJARGENJANG DAN BELAHKETUPAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 11 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets