keefektifan pembelajaran cooperative tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) bermediakan kartu soal terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bangun segiempat

This item was filled under [ Pendidikan Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi matematika: keefektifan pembelajaran cooperative tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) bermediakan kartu soal terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bangun segiempat

anonim. Skripsi Jurusan matematika , Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Peran strategis mata pelajaran matematika dalam kemajuan IPTEK saat ini tak dapat dipungkiri lagi. Matematika sebagai bahasa pengantar teknologi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari karena mata pelajaran ini sangat terkait dengan cabang ilmu yang lain seperti fisika, kimia, astronomi, ekonomi dan sosial. Menurut R. Soedjadi dan Masriyah (Suyitno, 2004:52) matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki ciri objek kajian abstrak, mendasarkan diri pada kesepakatan-kesepakatan, dan menggunakan pola pikir deduktif serta konsisten.

Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), ditegaskan bahwa ada beberapa hal yang diperlukan dalam pengembangan matematika di sekolah, antara lain: mengkondisikan siswa untuk menemukan kembali rumus, konsep atau prinsip dalam matematika melalui bimbingan guru agar siswa terbiasa melakukan penyelidikan dalam menemukan sesuatu. Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran yang meliputi masalah tertutup, mempunyai solusi tunggal dan penyelesaian masalah dengan berbagai cara pemecahan (terbuka). Beberapa keterampilan untuk memahami soal secara langsung yaitu memahami dan mengidentifikasi apa yang diketahui, apa yang ditanyakan, kemudian siswa diminta untuk mencari atau membuktikan, memilih pendekatan atau strategi pemecahan, menyelesaikan model, hingga menafsirkan solusi. Dalam setiap pembelajaran guru hendaknya memperhatikan materi prasyarat yang diperlukan, serta dalam setiap kesempatan pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah-masalah yang sesuai dengan situasi kehidupan nyata (Depdiknas, 2006:2).
Peneliti memilih pelaksanaan penelitian di SMP Negeri 7 Semarang karena SMP ini merupakan salah satu SMP favorit di kalangan masyarakat Semarang yang mempunyai keunggulan baik di bidang akademik maupun nonakademik. Berbagai prestasi telah ditorehkan oleh sekolah ini sehingga dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan SMP percontohan. Sekolah ini terus berupaya meningkatkan kualitasnya, salah satunya dengan terus membenahi model dan metode pembelajaran yang digunakan di sekolah karena ketidaktepatan guru dalam menggunakan model pembelajaran di kelas dapat mengakibatkan siswa kurang mampu dalam memahami materi yang diajarkan.

Download

keefektifan pembelajaran cooperative tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) bermediakan kartu soal terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bangun segiempat, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets