Keefektifan Pembelajaran Keterampilan di SMP Terbuka

This item was filled under [ Teknologi Pendidikan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (126 votes cast)

Skripsi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan : Keefektifan Pembelajaran Keterampilan di SMP Terbuka

Hidayat, Wismono Sari. 2005, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, FakultasIlmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Wajib belajar adalah salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan emerataan pendidikan bagi masyarakat dengan tetap mempertahankan mutu dan hasil pendidikan yang akan diperoleh peserta didik. Untuk menanggulangi keterbatasan Sekolah Menengah Pertama dalam menampung siswa lulusan Sekolah Dasar yang sedemikian banyak, pemerintah membuat sebuah terobosan yaitu dengan mendirikan SMP Terbuka yang hanya diperuntukkan bagi siswa yang memiliki permasalahan tertentu. SMP Terbuka adalah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama yang dirancang khusus untuk melayani para siswa pada usia 13-15 tahun yang tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada SMP reguler setempat, karena alasan ekonomi, transportasi, kondisi geografis, atau kendala waktu untuk membantu orang tua dalam bekerja. Bekal kemampuan keterampilan pra-vokasional yang bermanfaat bagi tamatan SMP Terbuka yang tidak melanjutkan pelajaran ke jenjang sekolah menengah diharapkan mereka akan lebih siap untuk memasuki dunia kerja atau terjun ke masyarakat. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah seberapa tingkat keefektifan pembelajaran keterampilan di SMP Terbuka Kecamatan Tempuran.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tingkat keefektifan pembelajaran keterampilan di SMP Terbuka Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMP Terbuka Kecamatan Tempuran yang berjumlah 30 siswa yaitu terdiri atas 26 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara nyata kemampuan siswa SMP Terbuka Tempuran dalam matapelajaran keterampilan telah mencapai standar kompetensi, yang ditunjukkan dari hasil uji t-test sebesar 2,079 dengan probabilitas 0,047 < 0,05. Rata-rata kemampuan siswa mencapai 2,4802 dan apabila dibandingkan dengan skor tertinggi 3, maka penguasaan siswa pada keterampilan tata busana mencapai 83%. Tingginya penguasaan keterampilan ini menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan yang dilaksanakan di SMP Terbuka telah efektif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa pembelajaran keterampilan yang dilaksanakan di SMP Terbuka Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang efektif dapat diterima oleh siswa, sehingga siswa mampu untuk menghasilkan produk berupa jahitan yang diproduksi pada saat pelaksanaan praktik keterampilan.

Setelah dilakukannya penelitian di SMP Terbuka Tempuran tentang pembelajaran keterampilan, peneliti dapat memberikan saran sebagai berikut:
1. Perlu adanya peningkatan proses pembelajaran dengan cara mencari strategi pembelajaran baru dalam proses pembelajaran agar memperoleh hasil yang lebih optimal dalam pembelajaran keterampilan.
2. Perlu adanya penambahan jam pelajaran pada materi praktik keterampilan, karena dengan penambahan jam pelajaran siswa akan lebih menguasai alat dan menambah kecakapan siswa dalam berkreasi serta akan lebih meningkatkan ketuntasan belajar siswa.

Download

Keefektifan Pembelajaran Keterampilan di SMP Terbuka, 4.7 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets