KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

This item was filled under [ Teknologi Pendidikan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi Kurikulum dan Teknologi pendidikan : KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Fahrida Estiningrum . 2005., Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Kegiatan belajar mengajar merupakan tugas rutin seorang guru dalam mengembangkan bakat dan kemampuan. Untuk itu seorang guru dituntut selalu mengembangkan kecakapan secara profesional dalam mengelola kelas, agar bakat dan kemampuan siswa dapat berkembang secara optimal. Salah satu kecakapan profesional yang perlu dikembangkan adalah kecakapan dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan efektif. Kegiatan belajar mengajar di dalam kelas akan efektif apabila seorang guru selalu menggunakan media pembelajaran dalam menanamkan konsep kepada siswa, sehingga dapat menghilangkan konsep verbalitik, khususnya pada pembelajaran berhitung.

Penelitian ini bertujuan mengupayakan peningkatan pemahaman berhitung melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas I SD Negeri Pringtulis 02 Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan menyajikan pokok bahasan operasi bilangan khususnya soal cerita yang menggunakan media gambar, selanjutnya memberikan tes hasil belajar, serta mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi untuk mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Subyek penelitian berjumlah 37 siswa, dengan perincian 16 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Tes hasil belajar dianalisis dengan teknik kuantitatif dengan menggunakan perbandingan data hasil pre test dan post test, sedangkan teknik kualitatif diperoleh dari refleksi proses belajar mengajar yang dilakukan guru dengan menggunakan media gambar.

Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran berhitung di kelas I SD Negeri Pringtulis 02 Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2004/2005, terbukti menigkatkan pemahaman berhitung siswa. Hal tersebut diindikasikan dari pencapaian target pada siklus I rata-rata pre test 5,24 rata-rata post test 6,60; siklus II rata-rata pre test 7,09 rata-rata post test 7,62; siklus III rata-rata pre test 7,79 rata-rata post test 8,49; sesuai dengan indikator kinerja, yakni 80% siswa mampu mencapai hasil belajar berhitung >7,5. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti mengajukan saran sebagai berikut: 1) Guru harus senantiasa menggunakan media pembelajaran, khususnya media gambar dalam pembelajaran berhitung agar siswa lebih memahami materi pelajaran yang lebih konkret, 2) Guru harus kreatif dalam pembuatan media yang akan disajikan melalui media gambar sehingga menarik perhatian siswa.

Download

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets